Firman, Febriansyah (2025) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 KARANGANYAR PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
FIRMAN FEBRIANSYAH_HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 KARANGANYAR PURBALINGGA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi peserta didik pada program Sekolah Ramah Anak dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang berjumlah 290 responden terdiri dari peserta didik yang sedang mengikuti pendidikan di SMK N 1 Karanganyar Purbalingga. Data penelitian diuji menggunakan korelasi Rank Spearman. Hasil pengujian menunjukan nilai sig sebesar 0,00. Sig < 0,05 artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedua variabel. Adapun nilai koefisiensi korelasi adalah sebesar 0,568, artinya kedua variabel memiliki hubungan cukup berarti atau sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik pada program Sekolah Ramah Anak dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Karanganyar Purbalingga dengan kategori cukup berarti atau sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Sekolah Ramah Anak, Motivasi Belajar |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FIRMAN FEBRIANSYAH |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 01:50 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 01:50 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |