Faninda, Agustin (2025) EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DISERTAI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BAGI SISWA KELAS IX MTS MA’ARIF NU 1 KARANGLEWAS BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
FANINDA AGUSTIN_EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DISERTAI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BAGI SISWA KELAS IX MTS MA'ARIF NU 1 KARANGLEWAS BANYUMAS.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memiliki peran penting bagi peserta didik dalam memahami lebih dari nilai-nilai ajaran agama Islam, mengembangkan karakter, dan menumbuhkan rasa cinta tanah air agar mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam penerapan pembelajaran SKI, guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran SKI adalah metode cooperative learning tipe Jigsaw. Pendidik mempunyai peran juga dalam menyediakan metode dan media pembelajaran yang digunakan lebih optimal dan menarik salah satunya menggunakan media mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dari penerapan metode cooperative learning tipe jigsaw disertai mind mapping dalam pembelajaran SKI di MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas. Jenis penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini terdiri dari guru pengampu mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan peserta didik kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, redaksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada metode yang digunakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran SKI menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw disertai mind mapping di berjalan dengan efektif. Pelaksanaan pembelajaran dimulai dari tahapan pendahuluan, penguasaan materi, penularan materi, hingga evaluasi. Kegiatan pembelajaran berjalan efektif ditandai dengan nilai evaluasi peserta didik yang bagus, adanya interaksi kolaboratf dalam pembelajaran, munculnya sikap tanggung jawab dan kepemimpinan, serta meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Cooperative Learning, Tipe Jigsaw, Mind Mapping, Pembelajaran SKI |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Faninda Agustin |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 06:17 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 06:17 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |