PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Mohamad, Mabarun (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mohamad Mabarun_Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Sekolah Dasar masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu penyebabnya adalah minimnya penggunaan media pembelajaran inovatif dan interaktif, sehingga siswa cenderung pasif. Metode pengajaran konvensional kurang efektif dalam meningkatkan hasil serta antusiasme belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan strategi mixed methods dalam pendekatan Explanatory Sequential Design. Pengembangan media menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan divalidasi oleh ahli media, bahasa, serta materi. Hasil validasi menunjukkan media ini sangat layak digunakan, dengan persentase kelayakan ahli media 91,65%, ahli bahasa 92,18%, dan ahli materi 89,57%. Setelah validasi, dilakukan uji lapangan terbatas di SD N 1 Pasir Kidul (17 siswa) dan uji lapangan luas di tiga sekolah: SD N 1 Mergasana (21 siswa), MI Al Ittihad Pasir Kidul (30 siswa), dan MI Ma’arif Wotbuwono (44 siswa). Dalam melihat apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar digunakan uji paired sample t-test sedangkan efektivitas media diukur menggunakan N-Gain Score dan dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori sedang, dengan persentase peningkatan sebesar 60%. Dengan demikian, media berbasis Canva dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Canva, IPAS, ADDIE, Mixed Methods

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Canva, IPAS, ADDIE, Mixed Methods
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
600 Technology (Applied sciences) > 603 Dictionaries and encyclopedias
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Mabarun
Date Deposited: 14 Apr 2025 03:47
Last Modified: 14 Apr 2025 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30129

Actions (login required)

View Item View Item