FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM RIBATH BAROKAH DI WILAYAH TEGAL DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI

NUR ABDIKA, RAKHMAH WATI (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM RIBATH BAROKAH DI WILAYAH TEGAL DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM RIBATH BAROKAH DI WILAYAH TEGAL DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (TESIS NUR ABDIKA 2025).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Air merupakan elemen penting bagi kehidupan manusia, karena tanpa air, kehidupan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Air bersih yang hanya lima persen dari total air di bumi menjadi kebutuhan esensial, sementara permintaan terus meningkat akibat pertumbuhan populasi dan aktivitas manusia. Di Indonesia, buruknya kualitas air tanah mendorong ketergantungan pada Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), salah satunya Ribath Barokah yang turut memberdayakan ekonomi lokal melalui usaha berbasis pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Islamic Branding, Word of Mouth, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian, serta mengevaluasi peran Harga sebagai variabel moderasi pada konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Ribath Barokah di wilayah Tegal. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 105 responden yang dipilih melalui metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan SEM AMOS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Islamic Branding tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (2) Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (3) Kualitas Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (4) Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (5) Islamic Branding tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga, (6) Word of Mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga, (7) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Harga, (8) Harga tidak memoderasi hubungan Islamic Branding dengan Keputusan Pembelian, (9) Harga memoderasi hubungan Word of Mouth dengan Keputusan Pembelian, dan (10) Harga memoderasi hubungan Kualitas Produk dengan Keputusan Pembelian, terutama pada segmen harga rendah. Secara keseluruhan, penelitian ini menekankan bahwa strategi pemasaran untuk Air Minum Ribath Barokah perlu difokuskan pada pemanfaatan word of mouth dan menjaga kualitas produk. Kombinasi ini, bersama dengan penetapan harga yang sesuai, dapat menjadi kunci untuk menarik konsumen dan meningkatkan keputusan pembelian produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Islamic Branding, Word of Mouth, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian, SEM AMOS, AMDK Ribath Barokah.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Abdika Rakhmah Wati
Date Deposited: 14 Apr 2025 03:46
Last Modified: 14 Apr 2025 03:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30127

Actions (login required)

View Item View Item