ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

Anggi, Nurmalita (2025) ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Anggi Nurmalita_Analisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam proses belajar mengajar. Dalam Kurikulum Merdeka pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, evaluasi berperan sebagai penyedia informasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses belajar mengajar yang berjalan, apakah usaha yang dilakukan sudah sesuai dengan tujuan atau justru sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah SMA Negeri 3 Purwokerto Karangsalam Kidul Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Purwokerto terdiri atas lima tahapan utama, yaitu: (1) asesmen diagnostik, (2) perencanaan pembelajaran dan asesmen, (3) pelaksanaan asesmen, (4) pengolahan hasil asesmen, serta (5) refleksi dan tindak lanjut. Berdasarkan hasil pengolahan asesmen selama satu semester, nilai rapor peserta didik secara umum menunjukkan hasil yang baik, diketahui Kelas yang mendapatkan nilai rata-rata tertinggi adalah Kelas XI F1C dan XI F3A dengan total rata-rata nilai 90. Nilai rata-rata terendah adalah Kelas XI F3B dengan total rata-rata nilai 87. Adapun nilai rata-rata dari keseluruhan kelas adalah 88. Rata-rata nilai rapor dari keseluruhan kelas sudah memenuhi KKTP minimal 70. Guru memberikan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai ketuntasan kriteria tujuan pembelajaran, dengan memberikan materi untuk menambah pengetahuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Asesmen Kurikulum Merdeka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggi Nurmalita sdri
Date Deposited: 14 Apr 2025 03:45
Last Modified: 14 Apr 2025 03:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30125

Actions (login required)

View Item View Item