MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENGUATAN LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH KALIKABONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 20242025

Luthfi, Nurfatihah (2025) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENGUATAN LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH KALIKABONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 20242025. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LUTHFI NURFATIHAH _ MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya skor literasi sains peserta didik di MI Muhammadiyah Kalikabong sebagaimana data yang diperoleh melalui observasi pendahuluan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains melalui pembelajaran tematik menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Melalui pembelajaran tematik dengan pendekatan PBL pendidik dan peserta didik mempelajari banyak informasi, membentuk kreativitas, dan memperluas literasi sains. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan mixed method dengan teknik pengumpulan observasi, wawancara, dokumentasi, dan skor tes. Setelah penelitian dilakukan didapatkan hasil bahwa pembelajaran tematik dengan pendekatan PBL dapat menguatkan literasi sains peserta didik terutama pada media audio visual dengan skor sebesar 86,15

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Literasi sains, pembelajaran tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Luthfi Nurfatihah
Date Deposited: 11 Apr 2025 01:30
Last Modified: 11 Apr 2025 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30113

Actions (login required)

View Item View Item