Luthfi, Nurfatihah (2025) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENGUATAN LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH KALIKABONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 20242025. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
LUTHFI NURFATIHAH _ MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya skor literasi sains peserta didik di MI Muhammadiyah Kalikabong sebagaimana data yang diperoleh melalui observasi pendahuluan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains melalui pembelajaran tematik menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Melalui pembelajaran tematik dengan pendekatan PBL pendidik dan peserta didik mempelajari banyak informasi, membentuk kreativitas, dan memperluas literasi sains. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan mixed method dengan teknik pengumpulan observasi, wawancara, dokumentasi, dan skor tes. Setelah penelitian dilakukan didapatkan hasil bahwa pembelajaran tematik dengan pendekatan PBL dapat menguatkan literasi sains peserta didik terutama pada media audio visual dengan skor sebesar 86,15
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Literasi sains, pembelajaran tematik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Luthfi Nurfatihah |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 01:30 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 01:30 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |