MARKETING MIX BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENJAGA KEBERLANGSUNGAN LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI TPQ BAITUL JANNAH DAN TPQ BAITURROHIM PURWOKERTO

Sutrimo, Purnomo (2025) MARKETING MIX BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENJAGA KEBERLANGSUNGAN LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI TPQ BAITUL JANNAH DAN TPQ BAITURROHIM PURWOKERTO. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Sutrimo Purnomo_Marketing Mix Berbasis Partisipasi Masyarakat dalam Menjaga Keberlangsungan Lembaga Pendidikan Al-Qur'an di TPQ Baitul Jannah dan TPQ Baiturrohim Purwokerto.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk merumuskan konsep marketing mix berbasis partisipasi masyarakat dalam menjaga keberlangsungan lembaga pendidikan Al-Qur’an. Secara khusus, penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan bauran pemasaran meliputi produk, biaya, tempat, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, dan proses dengan pelibatan partisipasi masyarakat untuk menjaga keberlangsungan lembaga pendidikan Al-Qur’an di TPQ Baitul Jannah dan TPQ Baiturrohim Purwokerto. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif naturalis dengan pendekatan kualitatif di mana wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi menjadi teknik dalam pengumpulan data. Teknik analisis data Creswell digunakan dalam penelitian ini, mulai dari tahapan pengumpulan data hingga analisis dan interpretasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pemasaran produk dilakukan melalui penyediaan kurikulum komprehensif-akomodatif, Tahfiz Al-Qur’an sebagai program unggulan, kualitas bacaan Al-Qur’an santri, dan program berbasis partisipasi. Kedua, pemasaran biaya melalui fleksibilitas dan variasi biaya, beasiswa, dan pembiayaan partisipatif. Ketiga, lokasi strategis, bebas macet, dan mudah diakses menjadi upaya pemasaran tempat. Keempat, promosi dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan cetak, word of mouth, dan uji publik berbasis mutu. Kelima, standarisasi kompetensi guru dan pemberdayaan ibu rumah tangga menjadi perhatian khusus pemasaran sumber daya manusia. Keenam, pemasaran bukti fisik dilakukan dengan menyediakan sarana-prasarana yang representatif dan berbasis kemitraan. Ketujuh, standarisasi layanan, evaluasi berkelanjutan, kepuasan pelanggan, dan simbiosis mutualisme menjadi kunci dalam pemberian layanan. Penelitian ini menghasilkan novelty berupa konsep bertajuk Bauran Pemasaran Partisipatif yang tervisualisasi dalam Roda Bauran Pemasaran Partisipatif, yakni sebuah konsep pemasaran dengan menjadikan partisipasi masyarakat sebagai basis pengimplementasian unsur-unsur yang ada pada bauran pemasaran untuk menjaga keberlangsungan suatu lembaga. Keterbatasan penelitian ini terletak pada fokus penelitian yang terbatas pada perspektif partisipasi masyarakat, sehingga aspek lain yang juga memengaruhi keberlangsungan lembaga, seperti kebijakan pemerintah, kondisi sosial ekonomi masyarakat, dan dinamika budaya lokal belum dikaji secara mendalam.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Keberlangsungan Organisasi, Lembaga Pendidikan Al-Qur’an, Partisipasi Masyarakat.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: SUTRIMO PURNOMO sdr
Date Deposited: 08 Apr 2025 04:07
Last Modified: 10 Apr 2025 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30094

Actions (login required)

View Item View Item