KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI RA DIPONEGORO 135 KARANGSALAM KIDUL KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Maryamah, Fajar Utami (2025) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI RA DIPONEGORO 135 KARANGSALAM KIDUL KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
1 Skripsi Maryamah Fajar Utami_1917406027.Baruuuuuu.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru di RA Diponegoro 135 Karangsalam Kidul Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis data kompetensi kepribadian guru di RA Diponegoro 135 Karangsalam Kidul Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas adalah berupaya sebaik mungkin untuk meningkatkan kompetensi kepribadian guru, menyayangi peserta didik secara tulus. Guru menunjukkan perilaku dewasa dalam menghadapi peserta didik. Guru menunjukkan diri sebagai pribadi yang ceria sabar, lemah lembut, bertutur kata yang baik, mengontrol emosi. Guru menunjukkan tanggungjawab yang tinggi pada peserta didik menyelesaikan pekerjaan sampai selesai menjalankan tugas dengan sebaik mungkin, mematuhi aturan yang ada disekolah. Guru menunjukkan etos kerja yang baik pada lingkungan peserta didik, datang tepat waktu menyiapkan bahan ajar sebelum kegiatan pembelajaran Guru menerapkan semua aspek kompetensi kepribadian melalui pembiasaan dan keteladanan di RA Diponegoro 135 Karangsalam Kidul Kecamtan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas dengan indikator diantaranya: guru memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan dengan menampilkan tindakan yang sesuai dengan norma religius dan memiliki perilaku yang bisa diteladani oleh siswa, serta memiliki kepribadian yang arif dan berwibawa. Kata kunci : Kompetensi, Kepribadian Guru RA ABSTRACK This study aims to describe the personality competency of teachers at RA Diponegoro 135 Karangsalam Kidul, Kedungbanteng District, Banyumas Regency. The research method used is descriptive, and uses a qualitative approach. The subjects of this study are observation, interview and documentation techniques. From the results of the analysis of teacher personality competency data at RA Diponegoro 135 Karangsalam Kidul, Kedungbanteng District, Banyumas Regency, they try their best to improve teacher personality competency, love students sincerely. Teachers demonstrate mature behavior in dealing with students. Teachers show themselves as cheerful, patient, gentle, well-spoken individuals, control their emotions. Teachers demonstrate high responsibility to students, complete work until completion, carry out tasks as well as possible, obey the rules in the school. Teachers demonstrate a good work ethic in the student environment, arrive on time, prepare teaching materials before learning activities. Teachers implement all aspects of personality competency through habituation and role modelling at RA Diponegoro 135 Karangsalam Kidul, Kedungbanteng District, Banyumas Regency with indicators including: teachers have noble morals and become role models by displaying actions that are in accordance with religious norms and have behavior that can be emulated by students, as well as having a wise and authoritative personality. Keywords: Competence, Teacher Personality RA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kepribadian Guru RA
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MARYAMAH FAJAR UTAMI
Date Deposited: 24 Mar 2025 05:41
Last Modified: 24 Mar 2025 05:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30062

Actions (login required)

View Item View Item