Mutimatus, Zakia (2025) EFEKTIVITAS PROGRAM SANGGAR GENIUS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIDKAN ANAK YATIM DAN DHUAFA MENUJU PENCAPAIAN SDGs (Studi pada LAZNAS Yatim Mandiri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Mutimatus Zakia_Efektivitas Program Sanggar Genius Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Yatim Dan Dhuafa Menuju Pencapaian SDGs (Studi pada LAZNAS Yatim Mandiri Purwokerto.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Program Sanggar Genius yang didanai oleh LAZNAS Yatim Mandiri bertujuan membantu anak-anak yatim dan dhuafa menjadi lebih berkualitas melalui pendidikan, pelatihan keterampilan, dan pengembangan karakter. Di awal, program ini disambut dengan antusias, tetapi semangat peserta mulai menurun seiring waktu. Hal ini menjadi tantangan yang perlu dievaluasi untuk mengetahui penyebabnya dan merancang langkah-langkah agar program bisa berjalan lebih efektif dan mencapai tujuan dengan baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam teknik pengumpulan datanya penulis menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dalam teknik keabsahan data, penulis menggunakan metode triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sanggar Genius di LAZNAS Yatim Mandiri Cabang Purwokerto telah memberikan dampak positif yang signifikan pada anak-anak yatim dan dhuafa mengalami peningkatan prestasi akademik, kepercayaan diri, serta minat belajar. Program ini tidak hanya berfokus pada pengembangan akademik tetapi juga pada pembentukan karakter dan penguatan soft skill. Pendekatan holistik berbasis nilai Islam dan keterampilan hidup yang diterapkan berhasil menciptakan pendidikan inklusif, memberdayakan peserta, dan mendukung pencapaian SDG 4 (Pendidikan Berkualitas). Efektivitas program Sanggar Genius terbukti melalui empat indikator utama, yaitu ketepatan sasaran, penargetan peserta, sosialisasi, dan pemantauan, dengan tingkat keberhasilannya baik pada ketepatan sasaran. Program ini memberikan akses pendidikan inklusif kepada anak-anak yang membutuhkan, membangun karakter, dan memotivasi mereka untuk berkembang menjadi generasi mandiri, berakhlak mulia, serta peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf |
Depositing User: | Mutimatus Zakia |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 05:42 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 05:42 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |