STRATEGI PEMASARAN BISNIS KULINER DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN MAMAKE PURWOKERTO)

Doni, Satrio (2025) STRATEGI PEMASARAN BISNIS KULINER DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN MAMAKE PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DONI SATRIO DEWANTORO_STRATEGI PEMASARAN BISNIS KULINER DALAM MENINGKATKAN%0AJUMLAH PELANGGAN%0A(Studi Kasus Pada Rumah Makan Mamake Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumah Makan Mamake, berdiri sejak 17 Maret 2017, telah menjadi pilihan utama masyarakat sekitar, terutama mahasiswa dan penghuni kawasan Jl. Letjend Pol. Soemarto, Purwokerto Timur. Berlokasi strategis dekat Kampus UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri, pondok pesantren, dan kost mahasiswa, rumah makan ini menawarkan cita rasa tradisional otentik dengan suasana homy dan ramah. Meski lokasinya tersembunyi di dalam gang dan hanya memiliki ruang terbatas, kualitas makanan dan pengalaman bersantapnya mampu menarik banyak pelanggan. tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran, peningkatan jumlah pelanggan dan analisis SWOT dalam penerapan Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Metode ini bersifat eksploratif, mengutamakan interpretasi makna dan pemahaman konteks melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti berpartisipasi aktif dalam setiap tahap penelitian di lapangan, merangkum hasilnya dalam narasi yang relevan dengan konteks studi Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan (Studi Kasus Pada Rumah Makan Mamake Purwokerto). Penerapan strategi pemasaran di Rumah Makan Mamake Purwokerto berhasil menciptakan daya tarik yang kuat bagi pelanggan, terutama mahasiswa, melalui kombinasi harga terjangkau, program loyalitas, dan pendekatan ramah lingkungan. Harga yang kompetitif, program poin belanja, dan ajakan untuk membawa kantong belanja sendiri berkontribusi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan serta menciptakan dampak sosial positif. Peningkatan jumlah pelanggan didorong oleh keberhasilan strategi harga dan promosi yang menarik, dengan program seperti sedekah es teh gratis yang mendorong kunjungan berulang. Selain itu, analisis SWOT menunjukkan kekuatan pada harga yang terjangkau dan komitmen terhadap keberlanjutan, namun ketergantungan pada penjualan tinggi menjadi tantangan utama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bisnis Kuliner, Meningkatkan Jumlah Pelanggan, dan Strategi Pemasaran.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Doni Satrio Dewantoro
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:47
Last Modified: 20 Mar 2025 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30008

Actions (login required)

View Item View Item