EFEKTIFITAS PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA

Salsaizah Latifah, Latifah (2025) EFEKTIFITAS PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Salsaizah Latifah_Efektifitas Pengelolaan Sarana dan Prasarana Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sarana dan prasarana yang baik merupakan salah satu faktor penting yang dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan secara langsung maupun secara tidak langsung. Oleh karena itu, pemenuhan sarana dan prasarana tersebut sudah selayaknya dipenuhi oleh pihak sekolah. Namun kenyatannya, masih ada beberapa sekolah yang belum memenuhi standar sarana dan prasarana yang baik. SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara memiliki sarana dan prasarana yang sudah memadai, meskipun masih ada beberapa kerusakan yang belum diperbaiki karena keterbatasan biaya. Meskipun demikian, sekolah ini telah memiliki reputasi yang baik dengan branding sekolah sebagai sekolah Literasi dan Adiwiyata (sekolah lingkungan bersih) tingkat Nasional, yang menunjukkan bahwa mutu pendidikannya bagus. Dengan adanya latar belakang masalah di atas penulis mengkaji pengelolaan sarana dan prasarana untuk peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara serta faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana untuk peningkatan mutu pendidikan serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambat. Pengelolaan sarana dan prasarana yang diterapkan meliputi pengawasan terhadap kebersihan dan kerusakan fasilitas sekolah, mengawasi penggunaan sarpras secara efektif, membantu menggalang dana untuk perbaikan peralatan sarpras, dan mengembangkan rencana pengembangan sarpras. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung dalam pengelolaan sarana dan prasarana yaitu adanya kerjasama antara masyarakat atau wali murid dan faktor penghambatnya yaitu masih keterbatas anggaran untuk proyek pengembangan infrastruktur yang lebih besar, menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang belum konsisten karena perubahan kondisi cuaca dan pola penggunaan fasilitas, serta kerbatasan sumber daya manusia. Kata Kunci : Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Peningkatan Mutu Pendidikan. EFFECTIVENESS OF MANAGEMENT OF FACILITIES AND INFRASTRUCTURE TO IMPROVE THE QUALITY OF EDUCATION AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA SALSAIZAH LATIFAH 214110401038 ABSTRACT Good facilities and infrastructure are one of the important factors that can help improve the quality of education directly or indirectly. Therefore, the school should fulfill these facilities and infrastructure. However, in reality, there are still several schools that do not meet the standards of good facilities and infrastructure. For example, SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara, which has adequate facilities and infrastructure, but there is still some damage that has not been repaired due to budget constraints. However, this school has a good reputation with the school branding as a National level Literacy and Adiwiyata (clean environmental school) school, which shows that the quality of education is good. With the background of the problem above, the author makes various problem formulations, including how to manage facilities and infrastructure to improve the quality of education carried out at SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara and what factors support and inhibit the management of facilities and infrastructure to improve the quality of education. The aim of this research is to determine the management of facilities and infrastructure to improve the quality of education as well as the supporting and inhibiting factors in the management of facilities and infrastructure. The author's research uses qualitative methods. The management of facilities and infrastructure implemented to improve the quality of education includes monitoring the cleanliness and damage to school facilities, supervising the effective use of infrastructure, helping to raise funds to repair infrastructure equipment, and developing infrastructure development plans. And the supporting and inhibiting factors in the management of facilities and infrastructure are cooperation between the community or parents of students and the inhibiting factors are still limited budgets for larger infrastructure development projects, maintaining the cleanliness of the school environment which is not yet consistent in dealing with changing weather conditions and facility use patterns, as well as limited human resources. Keywords : Facilities and Infrastructure Management, Quality Improving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Peningkatan Mutu Pendidikan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Salsaizah Latifah
Date Deposited: 21 Mar 2025 01:57
Last Modified: 21 Mar 2025 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30004

Actions (login required)

View Item View Item