Istianatun, Nur Alifiah (2025) PENDEKATAN PERSONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS 8 DI MTS MA'ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ISTIANATUN NUR ALIFIAH_PENDEKATAN PERSONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS 8 DI MTS MA'ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG BANYUMAS.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan dalam pembelajaran membutuhkan pendekatan yang lebih personal dan lebih memperhatikan kebutuhan individual siswa. Pendekatan personal adalah pendekatan di mana guru memberikan perhatian khusus kepada setiap siswa, memahami kebutuhan dan kesulitan belajar mereka, serta mengarahkan mereka sesuai dengan karakteristik individu masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan personal guru dalam pembelajaran fikih kelas 8 di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Banyumas. Lokasi yang diteliti adalah MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi guru fikih kelas 8, kepala madrasah dan beberapa siswa kelas 8. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data: (1) Teknik wawancara, (2) Teknik observasi, (3) Teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Hasil penelitian Peindeikatan Peirsonal Guirui dalam Peimbeilajaran Fikih di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Banyumas, yaitu: 1) Guru melaksanakan pendekatan personal dalam pembelajaran fikih dengan langkah-langkah seibagai beirikuit: meimbanguin huibuingan yang baik deingan siswa, meingeinal karakteiristik dan keibuituihan siswa, meinyiapkan prakondisi keilas, meinyampaikan tuijuian peimbeilajaran, meimotivasi dan meinghargai uipaya siswa, serta meingeivaluiasi dan meireifleiksikan proseis peimbeilajaran. 2) Faktor pendukung pendekatan personal guru dalam pembelajaran fikih diantaranya adanya duikuingan dari kuirikuiluim yang beirlakui, keiteirseidiaan suimbeir daya dan adanya partisipasi orang tuia. 3) Faktor penghambat pendekatan personal dalam pembelajaran fikih teirdiri dari duia aspeik yaitui dari faktor inteirnal (diri guirui mauipuin siswa) dan eiksteirnal (lingkuingan dan duikuingan).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Personal Guru, Pembelajaran, Fikih. |
Subjects: | 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NUR ALIFIAH ISTIANATUN |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:35 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 07:35 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |