HERU, WIDODO (2025) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS RELIGIOSITAS Studi di SMP Muhammadiyah Boarding School Zam-Zam Cilongok Banyumas. Doctoral thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
DISERTASI HERU WIDODO NIM 181771006.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh dua permasalahan utama. Pertama, adanya kendala dalam penerapan praktik pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang optimal. Kedua, terdapat ketergantungan yang berlebihan pada pengembangan social capital dan intellectual capital dalam meningkatkan kinerja organisasi, sementara religiositas seringkali terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menggambarkan, dan menganalisis praktik pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbasis religiositas di SMP Muhammadiyah Boarding School Zam-Zam Cilongok Banyumas. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara mendalam untuk menemukan temuan-temuan baru. Penilitian ini menghasilkan temuan bahwa pengembangan SDM di SMP Muhammadiyyah Boarding School Zam-Zam Cilongok Banyumas melalui: Pertama, pengembangan SDM yang berorientasi pada nilai-nilai religiositas dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai religiositas ke dalam manajemen pengembangan SDM, melalui On the Job Training dan Off the Job Training. Kedua, Pengembangan SDM berbasis nilai-nilai agama dilakukan dengan pengembangan 4T: tauhid, takholluq bil akhlak, tasawuf, dan tatbiq. Ketiga, Penelitian juga mengidentifikasi aspek konseptualisasi pengembangan SDM berbasis religiositas di Lembaga Pendidikan Islam yang terdiri dari konsep pengembangan SDM berbasis religiositas, langkah-langkah dan prinsip-prinsip pengembangan SDM, peran kepala sekolah sebagai pemimpin dan manajer, serta faktor pendukung, penghambat, dan indikator keberhasilan. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan karena penelitian ini masih terbatas pada aspek pengembangan guru, sementara pengembangan SDM yang komprehensif seharusnya mencakup seluruh komponen dalam lembaga pendidikan, termasuk tenaga kependidikan lainnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidik, Pengembangan dan Religiositas. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary |
Depositing User: | Sdri Ayuk Kusumaningrum |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 02:04 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 02:04 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |