POLA INTEGRASI PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN DI SD ALAM BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

Muhammad Fadlun, 1522606021 (2017) POLA INTEGRASI PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN DI SD ALAM BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_babI_babV_daftarpustaka.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Fadlun_Pola Integrasi Pendidikan Agama Islam Dan Sains Dalam Pembelajaran di SD Alam Baturraden.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan dunia pendidikan di Indonesia saat ini, masih menuai permasalahan, dalam proses pembelajarannya masih berkutat pada hal-hal yang abstrak dan bahkan jauh dari kehidupan nyata, sehingga perserta didik mengalami kesulitan dalam memahami tentang nilai-nilai yang ada dalam pembelajaran. Hal ini menandakan betapa rendahnya kualitas pendidikan di sekolah. Proses kontektualisasi dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan pembelajaran integratif. Pembelajaran integratif dapat dikemas dengan topik tentang suatu wacana yang dibahas dari berbagai sudut pandang dan disiplin ilmu saling berkaitan dan tumpang tindih. Selain adanya menimbulakan kefektifan dalam waktu pembelajaran integratif juga menimbulkan pengalaman langsung, sehingga peserta didik dapat menambah kekeuatan untuk menerima, menyimpan, dan menerapkan konsep yang telah dipelajari. Pembelajaran integratif juga dapat membantu peserta didik belajar secara utuh dan bermakna tidak hanya memahami dan hafalan saja sehingga mudah diterpakan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berangkat dari fenomena sebuah sekolah yang menggunakan kosep sekolah alam yang mengaplikasikan pembelajaran integratif dalam semua mata pelajaran, sehingga menimbulkan rasa ingin tahu penulis bagaimana untuk meneliti bagaimana implementasi pembelajran integratif di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi di SD Alam Baturraden. Teori yang digunakan adalah teori pembelajaran, model pembelajaran, pembelajaran terpadu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode Miles Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola integrasi yang dilakukan dalam pembelajaran adalah mengikuti webbed model, dimana menggunakan pendekatan tematik. Hal tersebut terlihat dalam karakteristik perencanaannya meliputi identifikasi materi KD pada KTSP, kemudian dikombinasi dengan kurikulum khas sekolah alam. Lalu dipilih materi-materi yang saling keterkaitan dan dijadikan satu tema tertentu. Untuk tahap pelaksanaanya meliputi eksplorasi, observasi, dan survai. Sedangkan dalam tahap evaluasi ada 2 yakni ujian lokal sekolah alam yang meliputi tes dan portopolio. Dan ujian dari Dinas Pendidikan Nasional yang meliputi UTS, UAS, dan Ujian Nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola Integrasi, PAI, Sains, Sekolah Alam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 18 Sep 2017 09:16
Last Modified: 18 Sep 2017 09:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2997

Actions (login required)

View Item View Item