Integrasi Pendidikan Seks dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas

Iqna Mizatul, Arifah (2025) Integrasi Pendidikan Seks dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IQNA MIZATUL_1917402125_SKRIPSI FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Semakin hari, perilaku seksual berisiko di Indonesia semakin meningkat. Pendidikan menjadi sangat penting untuk menginternalisasi nilai-nilai supaya peserta didik menjaga seksualitasnya dan hanya menyalurkannya sesuai dengan cara-cara yang diatur oleh agama. SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng Banyumas dipilih sebagai lokasi penelitian untuk menampilkan salah satu institusi pendidikan yang menerapkan pendidikan seksual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini difokuskan untuk menganalisis dan mengidentifikasi: 1) Pendidikan seks dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng Banyumas, 2) Integrasi pendidikan seks dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Diponegoro Kedungbanteng Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Gambaran umum pendidikan seks dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng, yakni memberikan pendidikan seks sebagai upaya membentengi diri dari akhlak yang buruk terkait dengan seks, 2) Implementasi pendidikan seks dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni sekolah ini menyajikan tentang pendidikan seks di integrasikan kedalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Seks, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqna Mizatul Arifah
Date Deposited: 19 Mar 2025 02:29
Last Modified: 19 Mar 2025 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29967

Actions (login required)

View Item View Item