IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM CAMBRIDGE PADA KELAS BILINGUAL DI SD UMP PURWOKERTO

Fatma, Fitriya (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM CAMBRIDGE PADA KELAS BILINGUAL DI SD UMP PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
COVER_merged.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya globalisasi pendidikan yang membawa pengaruh kepada sistem pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan abad ke-21. Hal ini yang menimbulkan kecenderungan untuk melakukan kolaborasi internasional, salah satunya yaitu pengadopsian kurikulum Cambridge. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum Cambridge pada kelas bilingual di SD UMP Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, verifikasi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Pada tahap perencanan pembelajaran dilakukan dengan mempelajari teacher resources dan menyusun worksheet. 2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Strategi yang digunakan oleh guru mampu membangun antusiasme peserta didik dan melatih kemampuan berpikir kritis. 3) Pada tahap evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan tanya jawab saat pembelajaran, penilaian harian, dan penilaian semester. Penilaian dari pihak Cambridge berupa checkpoint yang dilaksanakan di kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kurikulum cambridge bilingual
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fatma Fitriya
Date Deposited: 12 Mar 2025 03:14
Last Modified: 12 Mar 2025 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29906

Actions (login required)

View Item View Item