Isma Rosiana, Dewi (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ISMA ROSIANA DEWI_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Penelitian ini fokus membahas mengenai proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti . Tujuan penelitian ini ialah untuk memaparkan dan menguraikan implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses perencaan implementasi model pembelajaran problem based learning dilakukan melalui pemahaman capaian pembelajaran (CP), penyusunan tujuan pembelajaran (TP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP) serta pembuatan modul ajar dan permasalahan yang hendak dibahas dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Pelaksanaan model pembelajaran ini meliputi orientasi masalah, pengorganisasian peserta didik, pendampingan penyelidikan individu maupun masalah, mengembangkan dan penyajian hasil serta mengevaluasi proses pemecahan masalah. Evaluasi implementasi model pembelajaran problem based learning dilakukan dengan memperhatikan beberapa indikator kemampuan berpikir kritis peserta didik meliputi: menginterpretasikan, menganalisis, mengevaluasi dan menyimpulkan masalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, berbasis masalah, masalah, berpikir kritis, model pembelajaran, strategi pembelajaran |
Subjects: | 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Ismarosiana Dewi |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 02:55 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 02:55 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |