UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB SISWA DI SMP NEGERI 2 BATURRADEN KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

Erna, Nur Khasanah (2025) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB SISWA DI SMP NEGERI 2 BATURRADEN KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ERNA NUR KHASANAH_UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB SISWA DI SMP NEGERI 2 BATURRADEN KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelanggaran tata tertib siswa yaitu suatu perbuatan yang dilakukan sesuai dengan kehendaknya sendiri tanpa memperhatikan peraturan yang telah dibuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib siswa di SMP Negeri 2 Baturraden, 2) Mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran tata tertib siswa di SMP Negeri 2 Baturraden, 3) Mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa di SMP Negeri 2 Baturraden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib yang sering dilakukan siswa di SMP Negeri 2 Baturraden, yaitu terlambat masuk sekolah, memakai tali sepatu berwarna putih, potongan rambut tidak sesuai, dan meinggalkan kelas ketika jam pelajaran, 2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan pelanggaran tata tertib siswa yaitu faktor inernal, siswa mempunyai karakter bawaan sejak lahir yang dibawa kesekolah, Sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor masyarakat, 3) guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai motivator. Guru memberikan motivasi kepada siswa melalui pendekatan personal dengan menasehati, memberikan terguran lisan serta memberikan hukuman yang mengedukatif dan kegiatan-kegiatan pembiasaan disekolah. Indikator keberhasilan dari adanya upaya tersebut meberikan dampak positif kepada siswa yaitu siswa memiliki kesadaran diri untuk tidak mengulangi nya lagi, dan berkurangnya siswa yang melakukan pelanggaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Tata Tertib, Upaya Guru
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Erna Nur Khasanah
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:18
Last Modified: 07 Mar 2025 03:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29894

Actions (login required)

View Item View Item