UPAYA GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL SISWA DI SMP NEGERI 03 MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA

Iche, Rufaida (2025) UPAYA GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL SISWA DI SMP NEGERI 03 MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ICHE RUFAIDA_UPAYA GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL SISWA DI SMP NEGERI 03 MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan seseorang. Dengan adanya pedidikan, orang dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan, mengembangkan potensi, serta memahami nilai moral dan etika yang akan membimbing mereka dalam kehidupan. Namun pada kenyataannya, di era sekarang ini masih banyak ditemukan masalah dalam dunia pendidikan yang mana banyak pelajar sekolah terlibat kasus kemerosotan moral atau dikenal dengan degradasi moral. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah degradasi moral tersebut. Selain mendidik, pembinaan moral peserta didik juga menjadi hal yang sangat penting dilakukan oleh guru khususnya guru PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru PAI dan Budi Pekerti dalam mencegah degradasi moral siswa di SMP Negeri 03 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengmpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru PAI dan Budi Pekerti kelas IX, Guru Bimbingan Konseling, dan lima siswa dari kelas IX. Hasil penelitian terkait upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam mencegah degradasi moral siswa di SMP Negeri 03 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara, yakni sebagai berikut: 1) Memberikan teladan yang baik. 2) Mengadakan pembiasaan positif, diantaranya yaitu: (a) Pembiasaan 7S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, Santun, Sabar, dan Syukur), (b) Membaca Asmaul Husna dan tadarus Al-Qur’an, (c) Membaca doa sebelum dan sesudah belajar, (d) Sholat dzuhur berjamaah, (e) Kegiatan infaq Jum’at, (f) Kegiatan Jum’at bersih. 3) Menciptakan suasana belajar yang demokratis dan menyenangkan. 4) Kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat. 5) Memberikan nasihat dan pembinaan. 6) Memberikan hukuman/sanksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru PAI dan Budi Pekerti, Degradasi Moral Siswa
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iche Rufaida
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:30
Last Modified: 07 Mar 2025 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29891

Actions (login required)

View Item View Item