Siti, Aisah (2025) ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT MENTARI BUMI PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
SITI AISAH_ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT MENTARI BUMI PURBALINGGA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh persaingan yang semakin ketat di sektor lembaga keuangan syariah, dimana setiap lembaga berupaya menawarkan produk pembiayaan kepada masyarakat. Kondisi ini mendorong setiap lembaga keuangan syariah untuk selalu mengoptimalkan kegiatan pemasarannya. KSPPS BMT Mentari Bumi Purbalingga sebagai lembaga keuangan mikro yang menawarkan produk pembiayaan berbasis syariah, perlu menghadapi persaingan tersebut dengan mengidentifikasi strategi pemasaran yang tepat melalui analisis SWOT dan marketing mix. Analisis SWOT merupakan metode yang efektif dalam menentukan strategi pemasaran yang dapat memberikan pandangan secara komprehensif mengenai kondisi internal dan eksternal dalam merumuskan strategi sedangkan markting mix menjadi elemen penting dalam menganalisis perencanaan strategi pemasaran yang menyeluruh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strenght, weakness, opportunities, dan threats yang dimiliki KSPPS BMT Mentari Bumi Purbalingga serta penerapan strategi pemasaran produk pembiayaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang berfokus pada analisis SWOT terhadap strategi pemasaran produk pembiayaan di KSPPS BMT Mentari Bumi Purbalingga. Teknik pengumpulan data yang digunakan meluputi observasi partisifasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Tujuan dilakukanya teknik ini adalah untuk mengetahui faktor strengths, weaknesses, opportunities, dan threats serta implementasi strategi pemasaran yang dilakukan KSPPS BMT Mentari Purbalingga. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis SWOT pada strategi pemasaran produk pembiayaan di KSPPS BMT Mentari Bumi memiliki nilai IFAS sebesar 3,59 dan nilai EFAS sebesar 3, 4 yang menunjukan diposisi kudaran I sehingga rekomendasi strategi yang diberikan pada kondisi ini yaitu menerapkan strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan secara agresif (Growth Oriented Strategy). Sedangkan dalam merencanakan strategi pemasaran untuk mencapai sasaran, KSPPS BMT Mentari Bumi Purbalingga menggunakan konsep perencanaan strategi pemasaran STP, yaitu segmentation pasar melalui penempatan segmen wilayah kantor dan pemasaran yang dekat dengan pusat perekonomian. Targetting BMT Mentari Bumi ditargetkan kepada para UMKM dengan kelas sosial kalangan menengah keahwah. Dan positioning pasar BMT Mentari Bumi menggunakan marketing mix 7P yang meliputi product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Produk Pembiayaan |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Aisah |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:20 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:20 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |