PENINGKATAN KAPASITAS ANAK MELALUI PROGRAM KELAS KREATIF CODING DI MIFTAHUL HUDA (MIFDA) CREATIVE HUB DESA MUJUR KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Edi, Annurrohman (2025) PENINGKATAN KAPASITAS ANAK MELALUI PROGRAM KELAS KREATIF CODING DI MIFTAHUL HUDA (MIFDA) CREATIVE HUB DESA MUJUR KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
EDI ANNURROHMAN_PENINGKATAN KAPASITAS ANAK MELALUI PROGRAM KELAS KREATIF CODING DI MIFTAHUL HUDA (MIFDA) CREATIVE HUB DESA MUJUR KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di era digital yang terus berkembang, anak-anak perlu memiliki keterampilan teknologi agar dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut adalah melalui program berbasis teknologi, seperti kelas kreatif coding di Mifda Creative Hub. Mifda Creative Hub adalah sebuah pusat pembelajaran kreatif yang berfokus pada pengembangan keterampilan anak dalam bidang teknologi dan digital. Berlokasi di Desa Mujur, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, lembaga ini bertujuan untuk memberikan akses pendidikan teknologi kepada anak-anak agar mereka dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman terhadap dunia digital. Salah satu program unggulannya adalah kelas kreatif coding, yang dirancang untuk mengenalkan dasar-dasar pemrograman dengan cara yang menyenangkan. Melalui program ini, anak-anak tidak hanya belajar menggunakan komputer, tetapi juga mengembangkan keterampilan untuk bekal masa depannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil peningkatan kapasitas anak melalui program kelas kreatif coding di Mifda Creative Hub Desa Mujur Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kreatif coding membantu anak-anak dalam memahami dasar-dasar pemrograman, meningkatkan kreativitas, dan membangun rasa percaya diri dalam menggunakan teknologi. Anak-anak yang awalnya belum memiliki pengalaman dalam menggunakan komputer menjadi lebih terbiasa dan mampu membuat proyek digital sederhana. Program ini juga memberikan dampak positif terhadap perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak-anak, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan di era digital. Dengan demikian, kelas kreatif coding di Mifda Creative Hub memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan dan kapasitas anak-anak di bidang teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kapasitas, Anak, Kelas Kreatif Coding, Mifda Creative Hub
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: EDI ANNURROHMAN
Date Deposited: 04 Mar 2025 01:56
Last Modified: 04 Mar 2025 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29876

Actions (login required)

View Item View Item