DEA, YUNINGTIYAS (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS AGEN PADA PT PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
DEA YUNINGTIYAS_PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS AGEN PADA PT PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pada era revolusi telah banyak transformasi yang terjadi dibidang layanan jasa keuangan yang membawa dampak besar bagi perkembangan dunia bisnis dimana persaingan akan lebih menjadi ketat dan sulit diprediksi. PT Pegadaian dalam memaksimalkan potensi bisnisnya membuka peluang bisnis sebagai agen. Agen pegadaian adalah mitra pegadaian yang bekerjasama antara perusahaan dengan masyarakat sebagai agen untuk melakukan transaksi produk pegadaian dengan prinsip pembagian fee. Tujuan utamanya untuk memperluas jaringan operasional agar dapat mendekatkan dan mempermudah pelayanan transaksi di PT Pegadaian, sehingga peningkatan jumlah nasabah bertambah serta mampu memberikan informasi berharga bagi PT Pegadaian dan masyarakat melalui agen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan dan citra perusahaan terhadap loyalitas agen pada PT Pegadaian Cabang Purwokerto Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seseorang yang menjadi agen PT Pegadaian Cabang Purwokerto dengan sampel sebanyak 129 responden dari hasil perhitungan menggunakan rumus solvin dengan tingkat kesalahan 5%. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t dan uji F dengan alat bantu SPSS versi 20. Berdasarkan hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Variabel citra perusahaan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas agen pada PT Pegadaian Cabang Purwokerto. Hasil penelitian dari Uji F pada variabel kualitas pelayanan, kepuasan dan citra perusahaan memiliki koefisien sebesar 35,707 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara stimultan kualitas pelayanan, kepuasan dan citra perusahaan mempunyai pengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas agen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Citra Perusahaan, Agen Pegadaian. |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Dea Yuningtiyas |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 01:55 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 01:55 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |