Safira Dewi, Antikah (2025) PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN MOTIVASI PEMBELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BEKAS PADA APLIKASI FACEBOOK DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Forum Jual Beli Handphone Bekas Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Safira Dewi Antikah(2025) PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN MOTIVASI PEMBELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BEKAS PADA APLIKASI FACEBOOK DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus FJB Hp Brkas Pwt).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi ini mempengaruhi pola perilaku manusia dalam mengakses berbagai informasi dan berbagai fitur layanan elektronik. Salah satu aplikasi yang saat ini masih aktif digunakan adalah Facebook. Facebook merupakan aplikasi social media yang memungkinkan penggunanya untuk menambah profil dengan foto, kontak, atau informasi. Selain itu Facebook juga mengembangkan layanan Forum Jual Beli seperti Forum Jual Beli Handphone Namun,sebagai pembeli harus berhati-hati dalam menentukan keputusan pembelian. Oleh karena itu, pembeli harus mempertimbangkan hal seperti persepsi risiko, motivasi, dam kepercayan sebelum keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, motivasi pembeli terhadap keputusan pembelian Hp Bekas di Forum Jual Beli Purwokerto, kepercayaan sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner, populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aktif facebook dalam FJB Hp Bekas Purwokerto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan cara purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui analisis regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan motivasi pembeli berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk efek moderasi kepercayaan dapat memperlemah adanya persepsi risiko terhadap keputusan pembelian, sementara pada motivasi pembelian terhadap keputusan pembelian kepercayaan memperlemah. Hasil pengujian moderasi memperoleh nilai R Square sebesar 0.687 atau sama dengan 68.7% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel yang peneliti teliti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi usuki. Motivasi Pembeli. Kepercayaan. Keputusan Pembelian |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Safira Dewi Antikah |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 09:03 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 09:03 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |