IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs NEGERI KARANGANYAR KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ISTIQOMAH, 1323302086 (2017) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs NEGERI KARANGANYAR KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
ISTIQOMAH_IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs NEGERI KA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran, dengan menerapkan media diharapkan siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan siswa semakin tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. MTs Negeri Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga Menerapkan Media Audio-visual dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Media Audio-visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab kelas VII MTs Negeri Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah implementasi/penerapan media audio-visual dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Negeri Karanganyar Kecamatan Karanganyar KabupatenPurbalingga. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas VII dan siswa Kelas VII. Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, verifikasi data, Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dari macam-macam media audio-visual yang ada, pada saat pembelajaran bahasa Arab di kelas VII guru hanya menerapkan media audio-visual berupa Video. Adapun Langkah-langkah guru dalam menerapkan media audio-visual yang berupa video diantaranya yaitu: (1) Persiapan sebelum menggunakan media dengan mengatur letak peralatan media sedemikian rupa, (2) Kegiatan selama menggunakan media dengan menampilkan video. (3) Kegiatan tindak lanjut dengan cara pemberian beberapa soal. Ketika evaluasi, guru memberikan soal lisan dan tertulis kepada siswa dan kebanyakan siswa mampu menjawab soal yang diberikan guru. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media audio-visual berupa slide dan video pembelajaransudah tepat diterapkan pada pembelajaran bahasa Arab khususnya di kelas VII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Media Pembelajaran, Arabic Language, Ta'lim Al Lughoh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 16 Sep 2017 04:38
Last Modified: 16 Sep 2017 04:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2980

Actions (login required)

View Item View Item