LUTHFI INDRA, ARDIANSYAH (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PO SINAR JAYA GROUP WILAYAH BANJARNEGARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
LUTHFI INDRA ARDIANSYAH_1817201232_ES.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen, dengan studi pada konsumen PO Sinar Jaya Group Wilayah Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampel non-probability sampling dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah konsumen PO Sinar Jaya Group wilayah banjarnegara, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji t, dan uji koefisien determinasi yang dibantu dengan perangkat SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, karena pelayanan yang baik mampu meningkatkan kepuasan yang berujung pada kesetiaan konsumen. Harga ditemukan tidak berpengaruh positif dan signikan terhadap loyalitas konsumen. Selain itu, kepercayaan berpengaruh secara signifikan hal ini terbukti bahwa kepercayaan berperan penting dalam menciptakan loyalitas jangka panjang pada PO Sinar Jaya Group Wilayah Banjarnegara. Adapun hasil dengan pengujian determinasi diketahui Kualitas Pelayanan (X1), Harga (X2) dan Kepercayaan (X3) memiliki pengaruh sebesar 13,6% terhadap loyalitas konsumen (Y), sedangkan sisanya sebesar 86,4% dipengaruhi oleh variabel dari luar penelitian ini. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan lebih memperhatikan kualitas pelayanan, menawarkan harga yang bersaing, dan membangun kepercayaan untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan model dengan menambahkan variabel lain untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepercayaan, Loyalitas Konsumen |
Subjects: | 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 388 Transportation Ground transportation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | LUTHFI INDRA ARDIANSYAH |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 07:27 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 03:12 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |