Devi Ariyanti Lestari, :1323310010 (2017) Penerapan Metode Inquiry dalam Mata Pelajaran PKn di MI Ma’arif NU krangean Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) | Preview |
|
Text
DEVI ARIYANTI LESTARI_PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MATA PE.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Metode pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar, karena penggunaan metode pembelajaran merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran harus menggunakan metode, strategi dan media pembelajaran yang sesuai supaya menumbuhkan minat belajar siswa yang tinggi. Di dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi, agar siswa dapat belajar secara efktif dan efisien, mencapai pada tujuan yang diharapkan, salah satu langkah untuk memiliki strategi itu ialah harus menguasai teknik–teknik penyajian, atau disebut metode mengajar. Disetiap mata pelajaran harus ada metode yang digunakan, di sekolah dasar terdapat muatan mata pelajaran yang wajib salah satunya adalah mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan hubungan warga negara dengan prinsip semangat bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila sebagai pedoman hidup dan UUD 1945 yang mengemban misi dalam proses pembentukan watak atau karakter peserta didik yang sesuai dengan kepribadian bangsa Negara Indonesia kaya akan nilai budi pekertinya seperti nilai moral, nilai sosial. Persoalan yang dikaji dalam penelitian adalah Bagaimanakah Penerapan Metode Inquiry dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MI Ma’arif NU Krangean Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini, bahwa Metode inquiry terpimpin, diterapkan pada kelas V dengan kompetensi dasar mengidentifikasi kebebasan berorganisasi dan pada kelas VI kompetensi dasar memberikan contoh Peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.Metode Inquiry bebas, Metode ini diterapkan pada kelas V dengan kompetensi dasar menyebutkan contoh organisasi dilingkungan sekolah dan masyarakat dan kelas VI dengan kompetensi dasar memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara. Metode Inquiry bebas yang di modifikasi, diterapkan oleh guru kelas V dengan kompetensi dasar menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Inquiry, Mata Pelajaran PKn |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 01:30 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 01:30 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2931 |
Actions (login required)
View Item |