MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA PADA SMK MULYA HUSADA DI SUMBANG PURWOKERTO

NUR, KHOLIK (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA PADA SMK MULYA HUSADA DI SUMBANG PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR KHOLIK_Manajemen Kurikulum Merdeka pada SMK Mulya Husada di Sumbang Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen Kurikulum Merdeka pada SMK Mulya Husada di Sumbang Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penariakan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian ini adalah manajemen Kurikulum Merdeka pada SMK Mulya Husada di Sumbang Purwokerto yakni mencangkup proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan asesmen pembelajaran. Dalam proses perencanaan guru menganalisis, menyusun modul ajar dan menyusun KSP sebelum pembelajaran. Pada proses pengorganisasian terdapat pembagian jadwal pembagian jam pelajaran, penentuan mata pelajaran, tugas mengajar, pengaturan beban belajar, dan penyusunan jadwal pelajaran, selain itu tahap awal dalam perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah dengan membentuk tim koordinator dan tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan sekolah, merancang tema dan alokasi waktu, menyusun projek dan merancang laporan hasil projek. Tahap pelaksanaan kurikulum yakni guru melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai dengan modul ajar yang telah di susun, kegiatan pembelajaran yang baik, mulai dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup dengan kesesuaian yang telah dibuat pada tahap perencanaan. Kemudian tahap evaluasi kurikulum dilakukan secara regular, yaitu jangka pendek satu tahun sekali dan jangka panjang 4 tahun sekali dengan mempertimbangkan perubahan yang terjadi baik perubahan kebijakan maupun update perkembangan terkini dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Merdeka Belajar
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.78 Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Kholik
Date Deposited: 03 Feb 2025 08:13
Last Modified: 03 Feb 2025 08:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29309

Actions (login required)

View Item View Item