NUR, KHOLIK (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA PADA SMK MULYA HUSADA DI SUMBANG PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
NUR KHOLIK_Manajemen Kurikulum Merdeka pada SMK Mulya Husada di Sumbang Purwokerto.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen Kurikulum Merdeka pada SMK Mulya Husada di Sumbang Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penariakan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian ini adalah manajemen Kurikulum Merdeka pada SMK Mulya Husada di Sumbang Purwokerto yakni mencangkup proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan asesmen pembelajaran. Dalam proses perencanaan guru menganalisis, menyusun modul ajar dan menyusun KSP sebelum pembelajaran. Pada proses pengorganisasian terdapat pembagian jadwal pembagian jam pelajaran, penentuan mata pelajaran, tugas mengajar, pengaturan beban belajar, dan penyusunan jadwal pelajaran, selain itu tahap awal dalam perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah dengan membentuk tim koordinator dan tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan sekolah, merancang tema dan alokasi waktu, menyusun projek dan merancang laporan hasil projek. Tahap pelaksanaan kurikulum yakni guru melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai dengan modul ajar yang telah di susun, kegiatan pembelajaran yang baik, mulai dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup dengan kesesuaian yang telah dibuat pada tahap perencanaan. Kemudian tahap evaluasi kurikulum dilakukan secara regular, yaitu jangka pendek satu tahun sekali dan jangka panjang 4 tahun sekali dengan mempertimbangkan perubahan yang terjadi baik perubahan kebijakan maupun update perkembangan terkini dalam proses pembelajaran.
Actions (login required)
![]() |
View Item |