INOVASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM UNGGULAN MADRASAH (Studi Kasus di MTs Negeri Kota Tegal dan MTs Negeri 1 Kabupaten Tegal)

KUNAJI, KUNAJI (2025) INOVASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM UNGGULAN MADRASAH (Studi Kasus di MTs Negeri Kota Tegal dan MTs Negeri 1 Kabupaten Tegal). Doctoral thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Update Revisi3_Disertasi_Ujian_Terbuka (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu adanya perkembangan dan keunikan pengelolaan inovasi pembelajaran di MTs Negeri Kota Tegal dan MTs Negeri 1 Tegal. MTs Negeri tersebut mempunyai program unggulan dan telah meluluskan banyak peserta didik yang berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menemukan inovasi manajemen program kelas unggulan di MTs Negeri Kota Tegal dan MTs Negeri 1 Tegal, 2) Menemukan dan menganalisis inovasi pembelajaran kelas unggulan di MTs Negeri Kota Tegal dan MTs Negeri 1 Tegal, dan 3) Menemukan implikasi inovasi manajemen pembelajaran pada program kelas unggulan di MTs Negeri Kota Tegal dan MTs Negeri 1 Tegal. Penelitian ini adalah penelitian studi lapangan. Sumber data yaitu kepala sekolah, ketua komite madrasah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles and Huberman, dengan alur reduksi data, penyusunan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Inovasi manajemen program kelas unggulan di MTs Negeri Kota Tegal adalah dalam perencanaan program membentuk tim 7 yang beranggotakan waka kurikulum dan beberapa guru dan Inovasi memberdayakan staff (empowering) pengelolaan pembelajaran program kelas unggulan di MTs Negeri Kota Tegal adalah (1) Menyusun tim pelaksana program inovasi, (2) Memberdayakan karyawan secara maksimal, dan (3) Menyusun job description. Kemudian MTs Negeri 1 Tegal pada perencanaan oleh waka bidang kurikulum beserta timnya, kemudian hasilnya dibahas dalam rapat Program jajaran waka dan kepala madrasah, dan inovasi pada pengawasan (controlling) dengan melihat perkembangan perjalanan program secara berkala, melakukan survey mandiri terhadap siswa maupun guru yang terlibat ataupun tidak terlibat dan meminta laporan dari masing masing koordinator secara berkala 2) Inovasi pembelajaran di MTs Negeri Kota Tegal yaitu pemberian pelajaran tambahan setelah KBM pada materi olimpiade, tahfidz, dan praktik ibadah dan MTs Negeri 1 Tegal adalah tahfidz berfokus pada menghafalkan Al- Quran sesuai target yang ditentukan dan sains dan riset focus pada riset siswa dan 3) Implikasi inovasi manajemen pembelajaran pada program kelas unggulan di MTs Negeri Kota Tegal dan MTs Negeri 1 Tegal bahwa madrasah menyiapkan dana operasional untuk mendukung program unggulan tersebut dan menyiapkan jadwal khusus untuk pelaksanaan program unggulan tersebut. rekomendasi dari penelitian ini adalah sebaiknya setiap MTs negeri melakukan inovasi manajemen pembelajaran program unggulan sebagai ciri khas dari MTs tersebut

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 30 Jan 2025 03:31
Last Modified: 30 Jan 2025 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29305

Actions (login required)

View Item View Item