MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SMP MA’ARIF NU PAGUYANGAN BREBES

Mustofa, Mustofa (2025) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SMP MA’ARIF NU PAGUYANGAN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUSTOFA_Manajemen Kurikulum Merdeka di SMP Ma'arif NU Paguyangan Berebes.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen Kurikulum Merdeka di SMP Ma’arif NU Paguyangan Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penariakan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan sumber. Hasil penelitian ini adalah manajemen Kurikulum Merdeka di SMP Ma’arif NU Paguyangan Brebes yakni mencangkup proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan evaluasi. Dalam proses perencanaan guru menganalisis, menyusun modul ajar dan menyusun KSP sebelum pembelajaran. Pada proses pengorganisasian terdapat pembagian jam pelajaran, penentuan mata pelajaran, dan penyusunan jadwal pelajaran, selain itu tahap awal dalam perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah dengan membentuk tim koordinator dan tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan sekolah, merancang tema dan alokasi waktu, menyusun projek dan merancang laporan hasil projek. Tahap pelaksanaan kurikulum yakni guru melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai dengan modul ajar yang telah di susun, kegiatan pembelajaran yang baik, mulai dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup dengan kesesuaian yang telah dibuat pada tahap perencanaan. Kemudian tahap evaluasi kurikulum dilakukan secara regular, yaitu jangka pendek satu tahun sekali dan jangka panjang 4 tahun sekali dengan mempertimbangkan perubahan yang terjadi baik perubahan kebijakan maupun update perkembangan terkini dalam proses pembelajaran. Penelitian ini masih banyak kekurangan dan keterbatasan, penelitian ini bergantung pada interpretasi peneliti tentang makna yang tersirat dalam wawancara sehingga cenderung untuk bias masih tetap ada. Untuk mengurangi bias maka dilakukan proses triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan metode. Triangulasi sumber dilakukan dengan cara pengecekan data kembali dengan fakta dari informan yang berbeda dari hasil penelitian lainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Manajemen, Merdeka
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3206 Gedung
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mustofa Mustofa
Date Deposited: 30 Jan 2025 03:50
Last Modified: 30 Jan 2025 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29299

Actions (login required)

View Item View Item