HUBUNGAN FANATISME K-POP TERHADAP KETAATAN BERIBADAH PADA SISWA PENGGEMAR K-POP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURBALINGGA 2025

Fellia, Alifi Utami (2025) HUBUNGAN FANATISME K-POP TERHADAP KETAATAN BERIBADAH PADA SISWA PENGGEMAR K-POP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURBALINGGA 2025. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FELLIA ALIFI UTAMMI_REPOSITORY.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fenomena budaya K-Pop saat ini telah merajai dunia. Globalisasi budaya K-Pop digunakan untuk menggambarkan meningkatnya popularitas budaya KPop. Banyak siswa yang menggunakan gadget atau elektronik lainnya yang bertujuan untuk mengikuti aktivitas yang dibagikan oleh idolanya. Siswa penggemar K-Pop akan berdampak pada tingkat fanatisme terhadap ketaatan beribadah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan fanatisme KPop dengan ketaatan beribadah siswa MAN Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 100 responden yang merupakan siswa penggemar K-Pop di MAN Purbalingga. Metode analisis yang digunakan statistik deskriptif dan inferensial meliputi uji intrumen, uji validasi, uji reabilitas, uji korelasi, dan uji hipotesis dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 26 Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan antara fanatisme K-Pop dan ketaatan beribadah pada siswa MAN Purbalingga. Baik melalui analisis dimensi maupun keseluruhan. Hubungan secara umum menunjukan korelasi negatif sebesar -0,351 dengan signifikan 0,000, yang mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat fanatisme K-Pop, cenderung semakin rendah ketaatan beribadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Fanatisme, Ketaatan Beribadah, Penggemar K-Pop
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fellia Alifi Utammi
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:26
Last Modified: 24 Jan 2025 07:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29294

Actions (login required)

View Item View Item