PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING YOUTUBE DAN TIKTOK DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH OPAK IZUL BERKAH DI DESA SANGGREMAN KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

Alfi, Nur Azizah (2025) PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING YOUTUBE DAN TIKTOK DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH OPAK IZUL BERKAH DI DESA SANGGREMAN KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALPI FINAL 22.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi salah satunya media sosial dapat menjadi alasan utama bagi para pelaku usaha untuk menggunakan media online sebagai jalan keluar efektif dan efisien. Pemanfaatan digital marketing merupakan salah satu upaya dalam mencapai sebuah jangkauan yang luas dengan memanfaatkan sebuah platform media digital. Pengembangan UMKM Opak Izul Berkah merupakan UMKM yang ada di Desa Sanggreman. Usaha Opak Izul berkah ini sudah berjalan cukup lama dan semakin berkembang bisa mencukupi orderan tidak hanya di desa setempat saja akan tetapi, ke luar kota. Untuk pemasarannya yang tadinya hanya dengan menitipkan ke warung-warung saja dan dengan berbicara ke orang-orang bahwa memiliki usaha opak sekarang berkembang pesat dengan memanfaatkan media sosial seperti Youtube dan Tiktok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Youtube channel Ruskin Ikin dan TikTok Opak Ruskin dalam pengembangan UMKM Opak Izul Berkah di Desa Sanggreman Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian berupa pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya dampak media sosial sebagai media promosi memberikan dampak yang bagus terhadap pengembangan usaha kerupuk Opak Izul Berkah. Media sosial Youtube dan Tiktok berpengaruh besar terhadap pemasaran kerupuk opak yang tadinya hanya dijual di desa setempat atau dititipkan ke warung-warung saja sekarang berkembang ke kota lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemanfaatan digital marketing, Pengembangan UMKM
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Alfi Nur Azizah
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:34
Last Modified: 23 Jan 2025 07:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29280

Actions (login required)

View Item View Item