WATI, YULIANTI (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI MAHWA FII QIRA'ATIL QUR'AN DALAM PEMBELAJARAN BTA DI MTs AL-ITTIHAAD MA'ARIF NU 1 PURWOKERTO BARAT BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
SKRIPSI WATI YULIANTI (2).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Latar belakang dari penelitian ini dikarenakan melihat fenomena pada masa sekarang dimana banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar bahkan terkadang belum bisa sama sekali walaupun mereka berasal dari lulusan madrasah sekalipun, biasanya guru atau ustadz dalam pembelajarannya menggunakan metode yang kurang menarik sehingga siswa merasa cepat bosan ketika mengikuti pembelajaran. Dan di MTs Ma’arif NU 01 Purwokerto Barat terdapat kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan strategi Mahwa Fi Qiroatil Qur’an yang membuat peneliti merasa tertarik untuk meneliti tentang bagaimana implementasi strategi Mahwa Fi Qiroatil Qur’an dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 01 Purwokerto Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan strategi Mahwa Fi Qiroatil Qur’an di MTs Ma’arif NU 01 Purwokerto Barat yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan tahap evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari Kepala MTs Ma’arif NU 01 Purwokerto Barat, Guru MTs Ma’arif NU 01 Purwokerto Barat, dan Siswa MTs Ma’arif NU 01 Purwokerto Barat, juga pengamatan langsung dari implementasi strategi Mahwa Fi Qiroatil Qur’an. Analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 01 Purwokerto Barat menggunakan strategi mahwa fii qiroatil Quran yang dilakukan oleh pihak sekolah menjadikan para siswa lebih bisa dan mampu untuk membaca dan memahami mengenai pembelajaran Alquran yang dilakukan oleh pihak sekolah MTS Al Ittihad Ma’arif NU 01 Purwokerto Barat. Kata Kunci: Implementasi, Qur’an, Pembelajaran ABSTRACT The background of this study is due to seeing the current phenomenon where many students have not been able to read the Qur'an properly and correctly, sometimes even not at all even though they are madrasa graduates, usually teachers or ustadz in their learning use methods that are less interesting so that students feel bored quickly when following the learning. And at MTs Ma'arif NU 01 Purwokerto Barat there are learning activities to read the Qur'an using the Mahwa Fi Qiroatil Qur'an strategy which makes researchers interested in researching how the implementation of the Mahwa Fi Qiroatil Qur'an strategy in learning to read the Qur'an at MTs Ma'arif NU 01 Purwokerto Barat. This study aims to describe learning to read the Qur'an using the Mahwa Fi Qiroatil Qur'an strategy at MTs Ma'arif NU 01 Purwokerto Barat which includes the planning, implementation, and evaluation stages of learning. The type of research used is field research using qualitative descriptive. Data collection was carried out by exploring data sources, namely by using observation, interview, and documentation methods. Data collection was carried out by exploring sources from the Principal of MTs Ma'arif NU 01 Purwokerto Barat, Teachers of MTs Ma'arif NU 01 Purwokerto Barat, and Students of MTs Ma'arif NU 01 Purwokerto Barat, as well as direct observation of the implementation of the Mahwa Fi Qiroatil Qur'an strategy. The analysis used was data reduction, data presentation, and conclusions. The results of the study showed that learning to read the Qur'an at MTs Ma'arif NU 01 Purwokerto Barat using the mahwa fii qiroatil Quran strategy carried out by the school made students more able and capable of reading and understanding the learning of the Qur'an carried out by the MTS Al Ittihad Ma'arif NU 01 Purwokerto Barat school. Keywords: Implementation, Qur’an, Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Qur’an, Pembelajaran |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wati Yulianti |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 02:05 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 02:05 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29177 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |