STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMROH (KBIHU) AL-HIKMAH DALAM MENARIK MINAT CALON JAMA’AH HAJI BREBES

Mohammad Khoiruddin, Al-Halim (2024) STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMROH (KBIHU) AL-HIKMAH DALAM MENARIK MINAT CALON JAMA’AH HAJI BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Srkripsi Mohammad Khoiruddin Al-Halim 2017103031..pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIHU) Al-Hikmah merupakan KBIHU yang memiliki jumlah jamaah yang selalu meningkat di setiap tahunnya. Untuk meningkatkan jumlah jamaah tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang menarik dan strategis. Karena itu, KBIHU perlu terus mengembangkan pengelolaan yang mencakup aspek-aspek seperti sistem distribusi, penetapan harga, tempat, proses penawaran dan pembayaran, desain produk (baik barang maupun jasa), serta kegiatan promosi untuk memastikan bahwa penawaran tersebut relevan dan menarik bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang di lakukan KBIHU Al-Hikmah dalam menarik minat calon jamaah haji Brebes. Metode penelitian ini adalah kualitatif berdasarkan data di lapangan. Menggnakan observasi lapangan wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Berdasarkan hasil penelitian penulis, menunjukkan bahwa KBIHU Al-Hikmah menerapkan strategi bauran pemasaran yang mencakup 7-P, yaitu: produk, promosi, harga, tempat, proses, orang, dan bukti fisik. Yang menarik dari KBIHU ini yaitu lebih mengutamakan kualitas dari KBIHU tersebut baik dari segi pembimbing, materi bimbingan, metode yang di gunakan, agar dapat memberikan pelayanan dengan semaksimal mungkin kepada jamaah sehingga jamaah menjadi puas dengan pelayanan yang diberikan oleh KBIHU Al-Hikmah. Dan untuk strategi promosi KBIHU Al-Hikmah yaitu KBIHU Al-Hikmah memasarkan Produknya secara door to door mendatangi calon jamaah haji yang telah terdaftar di Kementerian Agama. Dan kebanyakan jamaah yang mengikuti bimbingan manasik haji di KBIHU Al-Hikmah dari tahun ke tahun mendapatkan informasi tentang KBIHU Al-Hikmah yaitu dari jamaah ke jamaah atau dari mulut ke mulut. Selain itu, KBIHU Al-Hikmah memasarkan dari para Alumni yang pernah ikut bimbingan di KBIHU Al-Hikmah ataupun dari Alumni Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 dan Pondok yang di asuh oleh para Pembimbing KBIHU baik putra maupun putri dengan cara menawarkan kualitas produk yang di miliki KBIHU Al-Hikmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, KBIHU, Minat, Jamaah Haji
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mohammad Khoiruddin Al-Halim
Date Deposited: 21 Jan 2025 03:53
Last Modified: 21 Jan 2025 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29139

Actions (login required)

View Item View Item