METODE PENDIDIKAN PEREMPUAN MENURUT KH. AHMAD DAHLAN

Edi Aprianto, 1323301129 (2017) METODE PENDIDIKAN PEREMPUAN MENURUT KH. AHMAD DAHLAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text
EDI APRIYANTO_METODE PENDIDIKAN PEREMPUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan untuk perempuan menjadi salah isu penting dalam upaya peningkatan kualitas suatu bangsa. Hal ini disebabkan pendidikan yang pertama dan utama adalah dilingkungan keluarga. Pendidikan perempuan secara tidak langsung mempersiapkan generasi-generasi suatu bangsa di masa depan. KH. Ahmad Dahlan dikenal sebagai tokoh pendiri organisasi Muhammadiyah dan salah satu pelopor model sekolah modern di zamannya. Selain itu ternyata KH. Ahmad Dahlan juga merupakan tokoh yang aktif dalam pendidikan dan pemberdayaan perempuan. Beliau melakukan berbagai cara dalam upaya mendidik dan memberdayakan kaum perempuan, diantaranya melalui pengajian-pengajian dan kursus-kursus yang beliau adakan bagi kaum perempuan. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana metode pendidikan yang digunakanoleh KH. Ahmad Dahlan dalam upaya mendidik dan memberdayakan perempuan. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian perpustakaan (library research), yaitu penelitian yang menggunakan cara untuk mendapatkan data dan informasi dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan seperti buku-buku, majalah, dokumen, catatan yang mendukung dan berkaitan dengan metode pendidikan perempuan menurut KH. Ahmad Dahlan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan metode Deskriptif analisis. Setelah melakukan penelitian, diketahui bahwa KH. Ahmad Dahlan melakukan berbagai cara atau metode dalam upaya mendidik dan memberdayakan perempuan tertama berkaitan dengan aspek-aspek pendidikan perempuan. Metode kedisiplinan dalam pendidikan keimanan, metode nasihat dalam pendidikan akal, metode pembiasaan dalam pendidikan estetika, dan metode partisipasi daam pendidikan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pendidikan, Pendidikan Perempuan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Sep 2017 03:05
Last Modified: 08 Sep 2017 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item