UPAYA MANAJEMEN RADIO STAR FAKULTAS DAKWAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR DI ERA NEW MEDIA

Bagus mulyo aji, bagus (2025) UPAYA MANAJEMEN RADIO STAR FAKULTAS DAKWAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR DI ERA NEW MEDIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
skripsi_Bagus Mulyo aji (1)terbaru123.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Radio STAR Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SAIZU Purwokerto merupakan radio komunitas yang berada di Laboratorium Fakultas Dakwah yang menyajikan berbagai program dalam siarannya, seperti yang berkaitan dengan sesuatu yang ada di Fakultas Dakwah dan sekitarnya. Misalnya berita, informasi, pelatihan, budaya, olahraga, hiburan, periklanan dan agama. Jadi agar pendengar Radio STAR dapat menikmati sajian secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepengurusan Uin SAIZU Siaran Radio Purwokerto di Era Media Baru l. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Manajemen Radio STAR dalam Era Media Baru adalah : Pertama, dengan perencanaan dimana perencanaan tersebut dilakukan oleh Radio Bintangnya adalah dengan merencanakan pada akhir setiap tahun, dan untuk setiap bulan dan minggu waktunya bisa berubah. Kedua, pengorganisasian dimana pimpinan mampu memimpin segala sesuatunya anggotanya dengan membentuk suatu struktur organisasi yang berjalan sesuai dengan kewenangannya tugasnya masing-masing, sehingga radio dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Ketiga, arah dan pengaruh. General Manager Radio Star mempengaruhi dan mempengaruhi anggotanya dengan memberikan motivasi, komunikasi, kepemimpinan dan pelatihan. Keempat, memberikan pengawasan dimana Radio Star selalu mengawasi seluruh kegiatan yang dilakukan dalam proses siaran dan selalu memantau dan mengecek Radio Star pemancar. Di era New Media ini, Radio Star FM sudah mampu bersaing media baru lainnya dengan menjelajahi platform media sosial seperti Instagram, WhatsApp, situs web, dan TikTok. Kata Kunci : Manajemen radio, media baru, dan era digital

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen radio, New media , dan era digital
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bagus Mulyo Aji
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:29
Last Modified: 20 Jan 2025 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29068

Actions (login required)

View Item View Item