PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU BAGI SANTRI PEMULA DI PONDOK PESANTREN DARUL ABROR PURWOKERTO

Shofi, Amalia (2025) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU BAGI SANTRI PEMULA DI PONDOK PESANTREN DARUL ABROR PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full_SA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran nahwu merupakan salah satu ilmu pokok yang harus dipelajari dalam bahasa Arab, karena sebagai alat untuk mengetahui hukum dan keadaan akhir suatu kata. Sehingga, ilmu nahwu menjadi bagian penting dalam mempelajari bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Pembelajaran Nahwu bagi santri pemula di Pondok Pesantren Darul Abror Purwokerto serta mendeskripsikan apa saja problem-problem yang ada didalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Alasannya adalah masalah yang ingin diselidiki Hal ini memerlukan solusi komparatif dan serangkaian fakta realistis di bidang ini. Kemudian sertakan metode pengumpulan data Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan. Sedangkan analisis data menggunakan teori reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran ilmu nahwu disini terbagi menjadi dua bagian, yaitu: problematika sosiologis dan problematika metodologis. Adapun problematika metodologis ini, juga dikelompokkan menjadi dua, yaitu: problem linguistik dan problem non linguistik. Kata Kunci: Problematika, Nahwu, Pemula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Nahwu, Pemula.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Shofi Amalia
Date Deposited: 20 Jan 2025 01:30
Last Modified: 20 Jan 2025 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29054

Actions (login required)

View Item View Item