IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MI MA'ARIF NU TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nida Nuraini, NIM. 1323305092 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MI MA'ARIF NU TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTRA ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
NIDA NURAINI_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)

Abstract

Pendidikan karakter disiplin adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan sebagainya. Dimana kita memikirkan macam-macam karakter, mampu memahami atas apa yang disebut dengan kebenaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang menarik untuk diteliti berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter disiplin siswa yaitu, penerapan pendidikan karakter disiplin siswa yang tidak diimbangi dengan karakter siswa dan kurangnya pembina dalam kegiatannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan implementasi pendidikan karakter disiplin siswa dalam ekstrakurikuler kepramukaan di MI Ma’arif NU Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter disiplin siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi subyek utama penelitin ini adalah Pembina Pramuka MI Ma’arif NU Teluk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualifikasi siswa dalam pendidikan karakter disiplin masih dalam tahap sedang. Masih ada beberapa siswa yang belum sepenuhnya menerapkan karakter disiplin. Faktor lain dari hasil penelitian yaitu kurangnya pembina pramuka menjadi salah satu faktor penghambat dalam berkegiatan. Pendidikan karakter disiplin siswa dalam ekstrakurikuler kepramukaan berpedoman pada metode kepramukaan yang diharapkan mampu membentuk karakter siswa dan dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Character Education, Budi Pekerti, Karakter, kepramukaaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3205 Disiplin Sekolah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:44
Last Modified: 08 Sep 2017 02:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2904

Actions (login required)

View Item View Item