EFEKTIVITAS TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PAPER MODE PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS VI SD NEGERI LAYANSARI 01 GANDRUNGMANGU

Atikah, Aribah (2025) EFEKTIVITAS TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PAPER MODE PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS VI SD NEGERI LAYANSARI 01 GANDRUNGMANGU. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ATIKAH ARIBAH_EFEKTIVITAS TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PAPER MODE P.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Abad 21 menuntut guru untuk memanfaatkan teknologi digital guna menunjang pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi dengan kesulitan guru dalam mengaitkan antara materi ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial dan guru belum mampu mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran. Akibatnya peserta didik memperoleh nilai dibawah KKM. Salah satu solusi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembelajaraan kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran berbasis TIK. Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) merupakan suatu model pembelajaran yang mengikutsertakan aktivitas peserta didik dalam kelompok kecil yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran Quizizz paper mode pada mata pelajaran IPAS di kelas VI SD Negeri layansari 01 Gandrungmangu. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan bentuk pretest-posttest control group design. Variabel penelitian berupa hasil belajar IPAS. Pengumpulan data menggunakan hasil belajar berupa pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan N-Gain score. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dari uji independent sample t-test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran Quizizz paper mode dibanding dengan model pembelajaran ceramah dan tanya jawab. Kemudian untuk melihat efektivitas diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,60 atau 60% dengan kategori sedang, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh skor N-Gain sebesar 0,18 atau 18% dengan kategori rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran Quizizz paper mode efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS di Kelas VI SD Negeri Layansari 01 Gandrungmangu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Quizizz Paper Mode, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Atikah Aribah
Date Deposited: 18 Jan 2025 02:09
Last Modified: 18 Jan 2025 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29037

Actions (login required)

View Item View Item