IMPLEMENTASIPROBLEM BASED LEARNINGDALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS XI IPS-2 DI MA AL-IKHSAN BEJIKEDUNGBANTENGBANYUMAS

Aida, Fithrotunnuraini (2025) IMPLEMENTASIPROBLEM BASED LEARNINGDALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS XI IPS-2 DI MA AL-IKHSAN BEJIKEDUNGBANTENGBANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aida Fithrotunnuraini_2017402001_PAI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abstrak:Penelitian ini membahas tentang implemetasi Problem Based Learning dalam meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI IPS-2 Di MA Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas. Fokus penelitian ini pada dua hal yaitu perencanaan dan pelaksanaan Problem Based Learning dalam meningkatkan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi Problem Based Learning dalam meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI IPS-2 Di MA Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas. Dalam penelitian ini dilakukan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan guru adalah pembuatan modul ajar yang disesuaikan pada materi yang dibahas dengan menggunakan model Problem Based Learning. Pelaksanaan yang dilakukan melalui tiga tahap, diantaranya: (1) Kegiatan pendahuluan yang dilakukan dalam membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, menyampaikan model pembelajaran serta tujuan yang ingin dicapai, apersepsi. (2) Kegitan Inti dimulai dengan orientasi masalah, mengorganisasi peserta didik, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (3) Kegiatan penutup diakhiri dengan menyimpulkan pembelajaran yang sudah disampaikan, refleksi pencapaian siswa, menginformasikan kegiatan pembelajaran dipertemuan berikutnya, memberikan motivasi, membaca doa dan salam. Kata Kunci:Al-Qur’an Hadits, Berpikir Kritis, Problem Based Learning IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING IN IMPROVING STUDENTS' CRITICAL THINKING IN THE SUBJECT OF AL-QUR'AN HADITH OF CLASS XI IPS-2 AT MA AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS ABSTRACT Abstract:This study discusses the implementation of Problem Based Learning in improving students' critical thinking in the subject of Al-Qur'an Hadith of Class XI IPS-2 at MA Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas. The focus of this study is on two things, namely the planning and implementation of Problem Based Learning in improving students' critical thinking. The purpose of this study is to determine and describe the implementation of Problem Based Learning in improving students' critical thinking in the subject of Al-Qur'an Hadith of Class XI IPS-2 at MA Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas. In this study, field research was conducted using a qualitative approach presented in descriptive form. Data collection techniques used interviews, observations, and documentation. Data analysis techniques used data reduction, data presentation and data verification. The results of this study indicate that the planning carried out by teachers is the creation of teaching modules that are adjusted to the material discussed using the Problem Based Learning model. The implementation is carried out through three stages, including: (1) Preliminary activities carried out in opening lessons with greetings and prayers, paying attention to student readiness, checking attendance, conveying learning models and objectives to be achieved, apperception. (2) Core activities begin with problem orientation, organizing students, guiding individual and group investigations, developing and presenting work results, analyzing and evaluating the problem-solving process. (3) Closing activities end with concluding the learning that has been delivered, reflection on student achievement, informing learning activities in the next meeting, providing motivation, reading prayers and greetings. Keywords:Al-Qur'an Hadith, Critical ThinkingProblem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an Hadits, Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aida Fithrotunnuraini
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:18
Last Modified: 17 Jan 2025 07:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29029

Actions (login required)

View Item View Item