Rizky, Fadilah (2025) Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Di SD N 2 Karang Sentul Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Rizky Fadilah_Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Di SD N 2 Karang Sentul Kabupaten Purbalingga.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran yang bukan hanya sekadar menghapal tetapi juga menekankan keterlibatan aktif siswa dengan mengaitkan situasi nyata di lingkungan sekitar. Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) membantu guru untuk mengaitkan materi pembelajaran yang telah disampaikan dengan situasi nyata di lingkungan sekitar siswa. Model CTL menilai siswa bukan hanya pada hasil akhir tetapi pada proses pembelajaran. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning(CTL) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning(CTL) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Peneliti menggunakan riset lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti mengamati data-data yang peneliti kumpulkan sebelumnya, kemudian dari data-data tersebut telah dilaksankannya observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD Negeri 2 Karang Sentul Kabupaten Purbalingga dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan evaluasi. Dalam tahap pelaksanaannya telah menggunakan tujuh komponen utama CTL yang terdiri dari kontruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, permodelan, refleksi dan penilaian authentic. Kelebihan CTL yaitu keterlibatan aktif siswa, relevansi dengan kehidupan nyata, pengembangan keterampilan kritis, peningkatan kerjasama, dan pembelajaran berbasis masalah. Selain itu, kekurangan CTL yaitu memakan waktu yang lama, di perlukan keterampilan guru yang harus baik, kesulitan dalam penilaian, variasi kesiapan siswa dan sumber daya yang diperlukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching And Learning (CTL), Pendidikan Pancasila, Kelas V SD |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rizky Fadilah |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 06:41 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 06:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |