IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI PLUS AZ-ZAHRO CISUMUR GANDRUNGMANGU CILACAP

Indana Farikha, Khomsah (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI PLUS AZ-ZAHRO CISUMUR GANDRUNGMANGU CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Indana Farikha Khomsah_Implementasi Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Plus Az-Zahro Cisurmur Gandrungmangu Cilacap.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Plus Az-Zahro Cisumur Gandrungmangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (lapangan). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data yang terdiri dari tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas 1 telah mengintegrasikan TPACK dalam pembelajaran matematika, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi. Penguasaan Pengetahuan Teknologi (TK) terlihat dari pemanfaatan perangkat keras seperti laptop, proyektor LCD, speaker, dan smartphone. Selain itu, guru juga menggunakan berbagai perangkat lunak untuk mendukung pembelajaran, seperti media player, Bamboozle, Wordwall, dan Math Game for Kids. Pada Pengetahuan Pedagogis (PK), meliputi pemahaman teori kognitif, sosial, dan perkembangan belajar dan bagaimana peserta didik di dalam kelas. Guru kelas 1 menerapkan model dan metode pembelajaran sesuai dengan modul yang dirancang sebelumnya dan melibatkan penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan. Pengetahuan Konten (CK) ditemukan bahwa guru kelas 1 menguasai materi yang akan disampaikan dan penyampaian menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Selaras dengan teori Mishra dan Koehler, TPACK merupakan kerangka konseptual yang membantu guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran, TPACK telah diterapkan di MI Plus Az-Zahro Cisumur, khususnya pada kelas 1. Implikasi dari penelitian adalah penerapan TPACK dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran matematika. Memanfaatkan kombinasi Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK), dan Technological Knowledge (TK), peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Technological Knowledge, Pedagogical Knowledge, Content Knowledge, Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indana Farikha Khomsah
Date Deposited: 16 Jan 2025 01:48
Last Modified: 16 Jan 2025 01:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28912

Actions (login required)

View Item View Item