IMPLEMENTASI TARIQAH MUBASYARAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN BANYUMAS

LAELY, MAELANY (2024) IMPLEMENTASI TARIQAH MUBASYARAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Laely Maelaeny_Implementasi Tariqah Mubasyarah Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di MA WI Kebarongan merupakan salah satu fakta yang relative berat untuk dikuasai. Dikarenakan latar belakang pendidikan peserta didik yang berbeda-beda. Dengan adanya pembelajaran yang inovatif dan menarik itu akan menambah daya tarik atau antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mewujudkan pembelajaran yang inovatif dan menarik tentu membutuhkan metode yang tepat untuk digunakan saat pembelajaran. Pemilihan metode juga disesuaikan dengan keadaan peserta didik dan harus dipilih secara tepat. Metode merupakan salah satu factor untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Dengan itu, pembelajaran Bahasa Arab di kelas X MA WI Kebarongan menggunakan metode langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi tariqah mubasyarah pada pembelajaran Bahasa Arab siswa di MA WI Kebarongan. Jenis peneitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian pada skripsi ini adalah Implementasi Thariqah Mubasyaroh pada Pembelajaran Bahasa Arab di MA WI Kebarongan. Adapun subjek pada skripsi ini adalah Guru Bahasa Arab dan peserta didik kelas X MA WI Kebarongan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tariqah mubasyarah dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA WI Kebarongan diawali dengan persiapan, yang meliputi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempersiapkan jurnal dan absensi peserta didik, serta menyiapkan materi yang akan disampaikan menggunakan metode langsung. Pada Langkah pelaksanaan, guru menjelaskan materi kepada peserta didik dan juga mempraktikkannya sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh guru. Langkah terakhir dalm pembelajaran yaitu evaluasi. Kegiatan evaluasi ada yang berupa tertulis dan tidak tertulis. Evaluasi tertulis peserta didik mengerjakan ulangan yang diberikan oleh guru dan untuk tes tidak tertulis guru menggunakan tes lisan dan tes praktik. Dengan metode langsung, peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, merasa senang dan lebih mudah dalam memahami serta menghafal materi yang diberikan oleh guru. Kata Kunci: Implementasi, Tariqah Mubasyarah, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Tariqah Mubasyarah, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: LAELY MAELAENY
Date Deposited: 16 Jan 2025 01:30
Last Modified: 16 Jan 2025 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28905

Actions (login required)

View Item View Item