MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENANAMKAN EMOTIONAL QUOTIENT DAN SPIRITUAL QUOTIENT DI SMP NEGERI 1 KARANGANYAR PURBALINGGA

Riska Astriyanti, Maghfiroh (2025) MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENANAMKAN EMOTIONAL QUOTIENT DAN SPIRITUAL QUOTIENT DI SMP NEGERI 1 KARANGANYAR PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RISKA ASTRIYANTI MAGHFIROH Manajemen Kurikulum untuk menananmkan Emotional Quotient dan Spiritual quotient di SMP N 1 Karanganyar Purbalingga.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Manajemen kurikulum bertujuan untuk mengoptimalkan seluruh komponen kurikulum, mulai dari perencanaan hingga evaluasi, agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen kurikulum untuk menanamkan emotional quotient dan spiritual quotient siswa di SMP Negeri 1 Karanganyar Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum untuk menanamkan emotional quotient dan spiritual quotient di SMP Negeri 1 Karanganyar Purbalingga meliputi : 1) Perencanaan kurikulum dirancang dengan cermat untuk mengintegrasikan nilai – nilai emosional dan spiritual ke dalam materi pembelajaran. Dalam proses perencanaan terdiri dari proses perencanaan kurikulum berbasis emotional quotient dan spiritual quotient mulai dari analisis, penetapan tujuan, penyusunan dan revisi. 2) Pengorganisasian terdiri dari pembentukan kerja untuk memastikan kelancaran proses pembelajaran. 3) Pelaksanaan dengan mengintegrasikan kurikulum bebasis emotional quotient dan spiritual quotient dalam setiap mata pelajaran. Tahap ini juga diperlukan motivasi sebagai dorongan internal serta memberikan umpan balik dengan berbagai cara. 4) Pengawasan dan pengendalian yaitu dengan mengukur kinerja peserta didik pada aspek kognitif seperti nilai akademik serta penilaian sikap. Kata kunci : Manajemen Kurikulum, Emotional Quotient, Spiritual Quotient

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 106 Organizations of philosophy
100 Philosophy and psychology > 140 Specific philosophical schools > 144 Humanism and related systems
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Riska Astriyanti Maghfiroh
Date Deposited: 15 Jan 2025 07:13
Last Modified: 15 Jan 2025 07:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28877

Actions (login required)

View Item View Item