MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSI DI TAMAN KANAK-KANAK PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

Gita, Cahyani (2025) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSI DI TAMAN KANAK-KANAK PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Gita Cahyani_Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusi Di Taman Kanak-kanak Putra Harapan Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Setiap warga Negara dijamin dan mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas, walaupun terdapat kelainan fisik, emosional, mental maupun sosial pada dirinya, mereka mempunyai hak memperoleh pendidikan melalui jenis pendidikan khusus. Pendidikan khusus bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sesuai dengan kemampuanya, pendidikan khusus pada satuan pendidikan umum secara inklusi. Pendidikan Inklusi diselenggarakan juga untuk Taman Kanak-kanak (TK). TK merupakan lembaga PAUD yang bisa dijadikan sebagai media untuk membentuk karakter atau kepribadian anak sejak dini. Penyelenggaraan pendidikan inklusif memerlukan kurikulum untuk menunjang pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengmplementasian kurikulum pendidikan inklusif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian fenomenologi, dengan jenis pendekatan yang digunakan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di PAUD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Penggalian data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, pada kurikulum pendidikan inklusi direncanakan sesuai dengan kurikulum pemerintah, yang kemudian dimodifikasi menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang berkebutuhan khusus. Kedua, pengaturan jadwal pembelajaran, waktu pembelajaran, dan penugasan guru kelas dilakukan oleh kepala sekolah dan guru kelas langsung. Ketiga, Kurikulum pendidikan inklusi menggunakan program pembelajaran individual (PPI), dengan sistem kelas pull out. Keempat, Pengontrolan kurikulum inklusi dilakukan langsung oleh kepala sekolah dan waka kurikulum. Kelima, Pengevaluasian kurikulum dilakukan tiap minggu, dan tiap akhir semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Inklusi, Manajemen, Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Gita Cahyani
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:15
Last Modified: 15 Jan 2025 03:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28826

Actions (login required)

View Item View Item