Ninit, Hestiana (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI KONTEN BILANGAN PECAHAN KELAS V MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Ninit Hestiana_EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI KONTEN BILANGAN PECAHAN KELAS V MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematika peserta didik di Indonesia. Kemampuan numerasi konten bilangan pecahan adalah pengetahuan dan kecakapan seorang individu dalam memperoleh, menggunakan, dan menginterpretasikan berbagai macam angka dan simbol matematika pada materi bilangan pecahan dengan berpikir menggunakan konsep dan prosedur untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Faktor penyebabnya peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menerapkan kemampuan numerasi dan kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiement Division (STAD) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achiement Division (STAD) dalam meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik kelas V di MI Ma’arif NU Karangnangka. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi pada kelas V MI Ma’araif NU Karangnangka yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah peserta didik masing-masing kelas 20 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiement Division (STAD) cukup efektif meningkatkan kemampuan numerasi konten bilangan pecahan. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,727 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,479. Kata Kunci: Bilangan Pecahan, Kemampuan Numerasi, Student Team Achievement Devision
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bilangan Pecahan, Kemampuan Numerasi, Student Team Achievement Devision |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ninit Hestiana |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 01:23 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 01:23 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |