PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MA’ARIF NU I GUNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SRI UTAMI, NIM. 102335055 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MA’ARIF NU I GUNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
Sri Utami_Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran IPS di .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mengharuskan guru untuk menghubungkan antara materi yang disampaikan dengan situasi dunia nyata peserta didik, dan juga membantu peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan menerapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari sebagai anggota keluarga, masyarakat dan bangsa. Dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), proses belajar mengajar akan lebih konkrit, lebih menyenangkan dan lebih bermakna. Proses belajar mengajar berpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menjadikan peserta didik aktif dan kreatif ketika proses belajar mengajar berlangsung. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS di MI Ma’arif NU I Gununglurah Cilongok Banyumas? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas dan peserta didik. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis interaktif, terdiri dari: reduksi data/data reduction, penyajian data/data display, dan tahap penarikan kesimpulan/concluction drawing atau verification. Kesimpulan hasil penelitian meyebutkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mapel IPS telah diaksanakan dengan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan di lingkungan sekolah dan di kelas. Dimana proses pembelajaran tersebut menggunakan beberapa metode, strategi, sumber belajar dan media pembelajaran yang disesuiakan dengan komponen-komponen Contextual Teaching and Learning (CTL). dampak penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mapel IPS adalah meningkatkan minat belajar, kerja sama antar siswa, tanggungjawab, dan jalinan komunikasi siswa dengan warga sekolah atau masyarakat. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran, Mapel IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Jun 2016 04:45
Last Modified: 20 Jun 2016 04:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item