Novanda, Reksianasari (2025) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH ADIPALA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.
|
Text
NOVANDA REKSIANASARI_PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH ADIPALA KABUPATEN CILACAP.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Anak yang tidak mandiri dalam belajarnya biasanya akan kesulitan saat mengerjakan tugas di sekolah. Anak akan kesulitan dalam hal-hal yang bersifat sederhana jika sejak kecil tidak diajarkan dan dibiasakan untuk mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar anak di TK Aisyiyah Adipala. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif menggunkan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Penelitian menunjukan bahwa dalam meningkatkan kemandirian belajar anak di TK Aisyiyah Adipala guru berperan sebagai sebagai pendidik, guru berperan sebagai motivator, guru berperan sebagai pembimbing, guru berperan sebagai contoh dan teladan, guru berperan sebagai fasilitator, dan guru berperan sebagai pelatih, serta guru berperan sebagai evaluator dan administrator. Selain itu, guru juga menggunakan metode pembiasaan dalam meningkatkan kemandirian belajar anak di TK Aisyiyah Adipala yaitu membiasakan anak untuk rapi, membiasakan anak untuk melaksanakan kegiatan belajar sendiri yang dimana guru hanya memberikan arahan. Hambatan dan kendala yang dialami guru dalam meningkatkan kemandirian belajar anak, antara lain : kurangnya komunikasi orang tua, dan anak yang mudah bosan saat pembelajaran berlangsung. Solusi atau cara mengatasi hambatan dan kendala tersebut antara lain : guru melakukan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua, menyampaikan tahapan kemandrian belajar kepada orang rumah serta melakukan pendekatan, arahan, dan pemahaman kepada anak. Kata Kunci: Kemandirian Belajar Anak, Peran Guru THE ROLE OF TEACHERS IN INCREASING THE INDEPENDENCE OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION AT TK AISYIYAH ADIPALA NOVANDA REKSIANASARI NIM. 1817506072 Abstract: Children who are not independent in their learning will usually have difficulties in doing tasks at school. Children will have difficulty in simple things if they are not taught and accustomed to being independent since childhood. The purpose of this study was to describe the role of teachers in increasing children's independence in learning at Aisyiyah Adipala Kindergarten. The type of research used is qualitative research using a qualitative descriptive approach. The method used to collect data is through observation, interviews and documentation. The subjects of the research are headmasters, class teachers and students. The research shows that in increasing children's learning independence at Aisyiyah Adipala Kindergarten, teachers act as educators, teachers act as motivators, teachers act as mentors, teachers act as examples and role models, teachers act as facilitators and teachers act as trainers, and teachers act as evaluators and administrators. In addition, teachers at Aisyiyah Adipala Nursery School also use the habituation method to increase children's learning independence, that is, to get children used to being neat, to get children used to doing their own learning activities where the teacher only provides direction. Some of the barriers and constraints experienced by the teachers in increasing children's learning independence include: lack of communication from parents, and children who are easily bored while learning. Solutions or ways to overcome these obstacles and constraints include: teachers communicating and cooperating with parents, communicating the stages of learning independence to the home, and approaching, directing, and understanding the child. Keywords: Children's learning independence, Teacher's role
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar Anak, Peran Guru |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Novanda Reksianasari |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 01:15 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 01:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |