KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENGATASI PERILAKU BULLYING DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO

Bunga Nur Indah, Safitri (2025) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENGATASI PERILAKU BULLYING DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Bunga Nur Indah Safitri_Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Upaya Mengatasi Perilaku Bullying Di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasus bullying di sekolah menjadi isu yang serius, termasuk di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Bullying berdampak buruk pada perkembangan psikologis, sosial, dan akademik siswa. Guru BK berperan penting dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang tepat, namun keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh kompetensi profesional yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi profesional guru BK dalam upaya mengatasi perilaku bullying di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru BK, wali kelas, kepala sekolah dan siswa yang mengalami kasus bullying, analisis dokumen terkait, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah kompetensi profesional guru BK dalam upaya mengatasi perilaku bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru BK sudah cukup baik dalam menguasai asesmen, teori bimbingan, dan penerapan program konseling dengan etika profesional. Namun, masih dibutuhkan pengembangan dalam merancang program yang lebih responsif terhadap kebutuhan siswa serta evaluasi penanganan bullying yang lebih mendalam. Program layanan yang diterapkan meliputi bimbingan klasikal, deklarasi anti-bullying, konseling individu dan kelompok, serta kolaborasi dengan pihak eksternal dan teman sebaya. Tantangan utama yang dihadapi adalah ketidakseimbangan rasio guru BK dengan jumlah siswa, yang menghambat optimalnya layanan, terutama bagi siswa yang membutuhkan perhatian intensif. Oleh karena itu, penguatan pengawasan dan pelatihan bagi guru BK perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas program dalam menangani bullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Guru Bimbingan dan Konseling, Bullying
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Bunga Nur Indah Safitri
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:49
Last Modified: 15 Jan 2025 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28759

Actions (login required)

View Item View Item