MOTIF 5 SISWA MEMILIH STUDI LANJUT DI SMK KOMPUTAMA MAJENANG

Ragil Umiatun Khasanah, NIM. 102311037 (2017) MOTIF 5 SISWA MEMILIH STUDI LANJUT DI SMK KOMPUTAMA MAJENANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RAGIL UMIATUN KHASANAH_MOTIF 5 SISWA BARU MEMILIH STUDI LANJUT DI SMK KOMPUTAMA MAJENANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sekolah adalah kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia. Sekolah menjadi identitas sebuah negara secara intelektual dan budaya. Negara yang maju dan berkembang pasti dipengaruhi oleh tingkat pendidikan warganya mulai dari jenjang sekolah dasar (SD), SMP, SMA/K, hingga Perguruan Tinggi (PT). Khusus bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), barangkali dibanding dengan sekolah umum, SMK memiliki orientasi yang berbeda. SMK memberikan pelatihan dan skill kepada siswa/i yang bersifat praktis dan dipersiapkan untuk terjun ke dunia kerja. Maka dari itu, motif siswa/i yang bersekolah di SMK haruslah jelas. Motif siswa/i untuk belajar di SMK menjadi penting guna menumbuhkan mental bekerja dan berkompetisi yang mumpuni. Penelitian ini menggunakan teori Motif yang terdiri dari Motif Biogenetis, Motif Sosiogenetis. Metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk melakukan konstruksi dan tafsiran terhadap data yang diperoleh dengan frame teori Motif. Hasil dari penelitian Motif siswa/i yang memilih sekolah SMK, yaitu: Motif Biogenetik, motif yang dipengarui oleh keluarga dan kondisi ekonomi. Motif Soisogenetis, motif yang dipengaruhi oleh lingkungan internal maupun eksternal. Sedangkan faktor-faktor yang melatarbelakangi tumbuhnya Motif adalah faktor orang tua, lingkungan, harapan, dan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motif, Studi Lanjut, SMK Komputama
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 06 Sep 2017 06:30
Last Modified: 06 Sep 2017 06:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2875

Actions (login required)

View Item View Item