Novita, Ramadhani (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN KSPPS BMT BUANA MAS PURWOKERTO DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF MENGGUNAKAN METODE EFAS IFAS DAN MATRIKS SWOT. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Novita Ramadhani_Analisis Strategi Pemasaran Produk Simpanan KSPPS BMT Buana Mas Purwokerto dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Menggunakan Metode EFAS IFAS dan Matriks SWOT.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dunia usaha, khususnya industri jasa keuangan mengalami perkembangan pesat di era globalisasi saat ini. Hal ini dapat menyebabkan persaingan meningkat antara perusahaan-perusahaan jasa keuangan, yang didorong oleh bertambahnya jumlah pesaing, peningkatan volume produk, serta kemajuan teknologi. Agar tetap mampu bersaing secara kompetitif, perusahaan perlu memperhatikan faktor lingkungan yang memengaruhi dan menyusun strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu agar mampu bersaing secara efektif dan efisien perusahaan harus mengembangkan serangkaian strategi pemasaran yang sesuai agar mampu mengikuti perkembangan zaman sehingga perusahaan dapat meraih keunggulan kompetitif. Analisis EFAS IFAS dan Matriks SWOT merupakan salah satu strategi yang dapat memberikan pandangan tentang kondisi internal dan eksternal perusahaan, sehingga dapat merumuskan strategi yang efektif umtuk kemajuan perusahaan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Metode EFAS IFAS dan Matriks SWOT. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi yang dibutuhkan dalam melakukan analisis SWOT. Hasil penelitan menunjukan bahwa strategi yang dapat dilakukan oleh KSPPS BMT Buana Mas Purwokerto untuk meningkatkan keunggulan kompetitif produk simpanan adalah menerapkan strategi digital marketing untuk mempromosikan produk simpanan melalui platform online, khususnya media sosial seperti Instagram dan TikTok dengan mengunggah konten kreatif. Mempertahankan dan meningkatkan produk serta kualitas pelayanan agar meningkatkan kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan, dengan fokus pada penyediaan solusi yang cepat dan efektif, serta membangun kepercayaan melalui transparansi, konsistensi, dan komitmen yang kuat terhadap kualitas. Dan merawat hubungan yang lebih baik lagi dengan para nasabah melalui pendekatan personal yang aktif, seperti memberikan layanan konsultasi keuangan secara rutin, mengadakan program apresiasi nasabah setia, serta menciptakan platform komunikasi yang responsif baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Produk Simpanan, SWOT, Metode EFAS IFAS |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Novita Ramadhani |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 04:57 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 04:57 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |